Waspada! Varian Baru Virus Corona-19 Asal India, Inggris dan Afrika Sudah Masuk Indonesia

- 4 Mei 2021, 22:34 WIB
Ilustrasi gambar virus corona
Ilustrasi gambar virus corona /Dicky S/Pixabay/geralt/free-photos

 

 

BERITA SUBANG - Waspada, varian baru Covid-19 asal tiga negara telah masuk ke Indonesia diantaranya yakni virus B.117 asal Inggris, kemudian B.1351 asal Afrika Selatan dan varian mutasi ganda dari India B. 1617.

Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan di beberapa negara tersebut saat ini sedang terjadi lonjakan kasus Covid-19. Beberapa faktor yang menjadi penyebab adanya peningkatan kasus di negara-negara tersebut adalah mobilitas pergerakan masyarakat.

“Varian yang digolongkan dengan Varian of Concern atau VoC yang diwaspadai itu ada tiga jenis yaitu B.117, B.1351, dan varian B1617," kata dr. Nadia, dalam Keterangannya, Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

Baca Juga: Waspada, Ada Jenis Varian Baru Virus Corona Yang Bermutasi, Berikut Ini Negara Yang Terdampak

Untuk varian B.117 kata dia diketahui memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi sekitar 36 persen sampai 75 persen dibandingkan dengan jenis virus yang beredar sebelumnya.

"Varian B.117 saat ini merupakan varian yang paling banyak dilaporkan oleh orang dari berbagai negara. WHO mencatat berbagai peningkatan kasus sampai 49 persen varian B.117 yang bersirkulasi di Asia Tenggara," tuturnya.

Terkait mutasi atau varian baru di Indonesia, lanjut Nadia, masih terus diteliti dan melakukan pengujian pada 786 laboratorium yang juga memeriksa Covid-19.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah