Waspada, Ada Jenis Varian Baru Virus Corona Yang Bermutasi, Berikut Ini Negara Yang Terdampak

- 7 Februari 2021, 00:27 WIB
Ilustrasi virus baru yang diprediksi muncul di tahun 2021 yang berasal dari Tiongkok.
Ilustrasi virus baru yang diprediksi muncul di tahun 2021 yang berasal dari Tiongkok. / Foto: Pixabay/

BERITA SUBANG - Para ahli menyebut virus corona yang telah menyebabkan pandemi global telah bermutasi menjadi beberapa varian baru yang disebut-sebut lebih cepat menular, beberapa negara telah terdampak.

Akibatnya, beberapa negara memberlakukan aturan pembatasan traveling yang lebih ketat seperti di Inggris, Skotlandia, Wales, Jerman, dan negara-negara lainnya.

Adapun tiga hal ketika virus corona itu bermutasi menjadi beberapa varian baru telah menimbulkan peringatan, sejauh ini adalah varian B.1.1.7, yang diidentifikasi di Inggris Raya, B.1.351 di Afrika Selatan, dan P.1 di Brasil.

Baca Juga: Pemerintah Singapura Temukan Satu Kasus Varian Baru Covid-19 Asal Inggris

Kerajaan Inggris Raya mengumumkan telah mengidentifikasi varian baru yang disebut B.1.1.7 dengan sejumlah besar mutasi pada musim gugur tahun 2020.

Para ahli percaya bahwa B.1.1.7. varian dari Inggris memiliki kemampuan penularan sekitar 50 hingga 70 persen lebih tinggi dibandingkan dengan varian sebelumnya. 

Dilansir dari CDC, pada bulan Januari 2021, para ahli di Inggris melaporkan kemungkinan relasi antara varian ini dengan peningkatan risiko kematian dibandingkan dengan virus varian lainnya. Tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan ini.

Baca Juga: Prancis Temukan Satu Kasus Virus Covid-19 Varian Baru

Di Afrika Selatan, varian lain yang disebut B.1.351 muncul secara independen dari B.1.1.7.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: The New York Times CDC Aarp.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x