Elon Musk Hendak Taklukan Pasar Mobil Listrik di China, Tapi Telsa Dapat Tekanan dari Regulator

- 10 Februari 2021, 12:08 WIB
Ilustrasi mobil produksi Tesla
Ilustrasi mobil produksi Tesla /Foto: Screnshoot Ig @elonmusk/

BERITA SUBANG - Elon Musk menghabiskan beberapa tahun terakhir dan mencoba untuk memenangkan China dalam upaya untuk menaklukkan pasar mobil terbesar di dunia.

Sekarang perusahaan tersebut berisiko mengganggu regulator kuat Beijing. Produsen mobil listrik itu telah dipanggil oleh lima badan pengatur China untuk menjawab pertanyaan tentang kualitas mobil Model 3 buatan Shanghai.

Menurut pernyataan yang dirilis Senin 8 Februari 2021 oleh Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar (SAMR). Dikatakan regulator prihatin tentang beberapa masalah dengan mobil, termasuk "akselerasi abnormal" dan "kebakaran baterai."

Baca Juga: Inspiration 4, Bos Tesla Elon Musk Ingin Mengirim Turis ke Luar Angkasa Tahun Ini

Pertemuan itu meresahkan Tesla. Berkat ajakan Musk kepada para pejabat, Tesla berhasil menghindari pengekangan rumit yang dikenakan pada saingan global yang mencoba berbisnis di China.

Perusahaan tersebut membuka salah satu pabrik mobil besarnya pada tahun 2019 dengan meriah di Shanghai, dan negara itu sekarang menyumbang seperlima dari pendapatannya.

Tetapi selama beberapa minggu terakhir, Tesla telah banyak dikritik di China karena serangkaian masalah yang melibatkan mobilnya, yang berpuncak pada pengumuman Senin 8 February 2021.

Baca Juga: Erick Thohir Buka Pembicaraan Kerja Sama dengan Tesla untuk Proyek Mobil Listrik Februari Nanti

"Kami akan sangat merenungkan kekurangan operasional perusahaan dan memperkuat inspeksi diri secara komprehensif," ujar Tesla dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs media sosial China Weibo sebagai tanggapan atas pernyataan SAMR.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah