Jabar Provinsi Pertama Gunakan Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Dinas

- 3 Januari 2021, 13:57 WIB
Gubernur dan Wagub Jabar beralih menggunakan mobil listrik memasuki tahun 2021
Gubernur dan Wagub Jabar beralih menggunakan mobil listrik memasuki tahun 2021 /Humas Pemprov Jabar/

BERITA SUBANG - Pekan pertama Januari 2020, kendaraan operasional kedinasan yang digunakan Gubernur dan Wagub Jawa Barat (Jabar) beralih menggunakan mobil listrik.

Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Jabar akan menjadi Provinsi pertama di Indonesia yang memiliki kendaraan operasional kedinasan berupa mobil listrik.

Selain ramah lingkungan, mobil listrik dapat menghemat pengeluaran APBD Provinsi Jabar terkait belanja BBM.

“Seperti yang kita tahu, BBM adalah energi yang tidak dapat diperbarui. Artinya, penggunaan mobil listrik ini bisa mengurangi konsumsi BBM,” kata Kang Uu, Minggu 3 Januari 2020.

Baca Juga: Gugat Cerai, Pablo Benua Minta Rey Utami Tidak Perlu Khawatir Soal Harta

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia Sung Jong Ha secara resmi telah melakukan serah terima tiga mobil listrik di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa, 29 Desember 2020.

Dengan adanya serah terima ini, Jabar menjadi provinsi pertama di Indonesia yang memiliki kendaraan operasional kedinasan berupa mobil listrik.

Mobil listrik jenis IONIQ Electric dan KONA Electric digunakan untuk Gubernur, Wagub, dan operasional polisi patwal gubernur.

Kang Uu menambahkan, menggunakan mobil listrik juga menambah kenyamanan berkendara karena tidak bising atau tidak ada suara. Selain itu, mobil listrik asal Negeri Ginseng Korea ini memiliki harga terjangkau, sekitar Rp600 juta per unit serta ramah lingkungan.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x