Meski Babak Belur, Pandemi Ternyata Dorong Kreativitas UMKM untuk Munculkan Inovasi

- 16 November 2020, 19:20 WIB
Petugas Kelurahan melayani pelaku UMKM untuk mendaftarkan usaha di Kantor Kelurahan Cisaranten Endah, Bandung
Petugas Kelurahan melayani pelaku UMKM untuk mendaftarkan usaha di Kantor Kelurahan Cisaranten Endah, Bandung /Antara Foto/Raisan Al Farisi/

BERITA SUBANG - Semenjak diumumkan pada awal bulan Maret 2020 lalu, Indonesia telah memasuki bulan ke-9 di masa pandemi COVID-19, dimana masyarakat, termasuk para pelaku bisnis UMKM, telah menyaksikan perubahan besar yang terjadi dalam berbagai aspek ekonomi.

Berperan besar sebagai penggerak ekonomi negara serta penyerap tenaga kerja, banyak UMKM di negara terbesar di Asia Tenggara mengalami kerugian besar karena kegiatan usaha tersendat dan pemasukan menurun drasti.

Paper.id sebuah perusahaan yang didirkan untuk membantu pelaku usaha dalam mengelola keuangan bisnis  berinisiatif mengadakan kolaborasi dengan SMESCO, yang merupakan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM RI dan OK OCE, gerakan penciptaan lapangan kerja yang didirikan pengusaha Sandiaga Uno, mengadakan survei khusus.

Baca Juga: Kapolri Copot Kapolda Metro Jaya dan Jabar Karena Tak Tegakkan Protokol Kesehatan

Bertajuk “Dampak Pandemi COVID-19 terhadap UMKM”, survei ini dilakukan secara daring dan dikirimkan kepada lebih dari 3000 UMKM yang ada di 22 provinsi Indonesia untuk memberikan informasi mengenai gambaran terkini akan dampak pandemi yang dialami UMKM.

Berdasarkan temuan survey, sebanyak 78 persen responden mengaku mengalami penurunan omzet, dengan kategori yang terbesar terdapat pada penurunan lebih dari 20 persen (67,50 persen).

Penurunan yang ada terjadi hampir menimpa seluruh bidang usaha. Dalam data, terdapat 3 jenis usaha yang mengalami dampak paling besar adalah kuliner (43,09 persen), jasa (26,02 persen), dan fashion (13,01 persen).

Baca Juga: Kerap Diabaikan Suami, Wanita ini Coba Akhiri Hidupnya dengan Naik Tower Setinggi 30 Meter

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x