Siap-siap! Mulai April Penjual Gorengan Bakal Dapat Bantuan Rp100.000 Per Bulan

- 1 April 2022, 22:37 WIB
Penjual gorengan di Bandung, Umar saat ditemui setelah harga minyak goreng resmi dinaikan pemerintah, Kamis 17 Maret 2022.
Penjual gorengan di Bandung, Umar saat ditemui setelah harga minyak goreng resmi dinaikan pemerintah, Kamis 17 Maret 2022. /BUDI SATRIA/PRFMNEWS.ID

BERITA SUBANG - Sebanyak 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan akan diberikan bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 100.000 per bulan. Bantuan itu akan diberikan untuk tiga bulan sekaligus, yakni mulai April, Mei dan Juni 2022. Pembayaran akan dilakukan di muka pada April 2022 sebesar Rp300.000.

Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 1 April 2022. Presiden mengatakan pemerintah memutuskan untuk menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat untuk meringankan beban masyarakat karena melonjaknya harga minyak goreng.

“Kita tahu harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak dari lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional. Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” ujar Presiden.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Pada 3 April 2022

Presiden menerangkan, bantuan ini akan disalurkan kepada keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan.

“Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden mengungkapkan bahwa bantuan akan diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Bantuan diberikan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni serta dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp300 ribu.

“Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI, serta Polri berkoordinasi, agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar,” tegas Jokowi.

Baca Juga: Wacana Tiga Periode, Ini Jawaban Presiden Jokowi

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x