Pelabuhan Patimban Subang Hingga Kawasan Industri Bekasi, Karawang dan Purwakarta Bakal Terkoneksi

- 5 Maret 2022, 22:07 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat memantau aktivitas ekspor di Pelabuhan Patimban, Sabtu 5 Maret 2022
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat memantau aktivitas ekspor di Pelabuhan Patimban, Sabtu 5 Maret 2022 /Kemenhub

BERITA SUBANG- Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menargetkan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat dapat melayani ekspor sekitar 160.000 unit kendaraan pada tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan Menhub Budi Karya Sumadi saat memantau aktivitas ekspor di Pelabuhan Patimban, Sabtu 5 Maret 2022.

"Saat ini car terminal telah aktif berjalan selama 3 bulan dan targetnya pada tahun ini mencapai 160.000 unit kendaraan. Adapun total kapasitas terminal kendaraan ini bisa mencapai 218.000 unit kendaraan pertahun baik internasional maupun domestik/antarpulau," ujar Budi Karya Sumadi.

 Baca Juga: Keluhan 1000 Nelayan Patimban Jadi Perhatian Serius Bupati Subang dan Indramayu

Menhub menyampaikan, Pelabuhan Patimban akan terus dikembangkan hingga mampu menampung sebanyak 7,5 juta teus/tahun untuk petikemas dan 600.000 CBU untuk kendaraan.

Pelabuhan Patimban bersama Bandara Kertajati, Kawasan Bekasi, Karawang, Purwakarta ikut mendukung segi tiga kawasan pertumbuhan ekonomi yang akan saling terkoneksi, saling mendukung satu dengan yang lain, sehingga memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor khususnya di bidang otomotif.

Menhub juga menginginkan Pelabuhan Patimban berkolaborasi dengan Pelabuhan Tanjung Priok untuk mendukung kegiatan logistik di Indonesia.

 Baca Juga: Mengenal Pelabuhan Patimban, Simbol Kebangkitan Ekonomi Indonesia dan Subang?

"Nanti akan ada pelabuhan kembar yang menjadi hub. Pelabuhan Tanjung Priok melayani wilayah barat ke Bekasi dan Pelabuhan Patimban melayani dari Bekasi hingga ke wilayah Timur Jawa,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x