Pembangunan Patimban Nyaris 100 persen Selesai, Menhub: Bermanfaat Bagi Perekonomin Nasional, Lalu Subang?

- 6 Juni 2021, 22:30 WIB
Menhub Budi Karya mengklaim progres pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat nyaris selesai 100 persen.
Menhub Budi Karya mengklaim progres pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat nyaris selesai 100 persen. /Foto: Humas Kemenhub/

BERITA SUBANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim progres pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat nyaris selesai 100 persen dan diharapkan dapat bermanfaat bagi perekonomian nasional, lalu bagaimana dengan perekonomian bagi warga Subang.

"Progres pembangunan berjalan baik. Kita ingin pelabuhan Patimban ini dapat memberikan suatu kebanggaan dan memberi manfaat maksimal bagi perekonomian nasional,” kata Budi Karya saat meninjau Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Minggu 6 Juni 2021.

Budi Karya meminta kepada jajaran dan pihak terkait bagimana upaya percepatan pembangunan dan optimalisasi pelayanan Pelabuhan Patimban. Meski progres pembangunan Pelabuhan Patimban Fase 1-1 yang terdiri dari Paket 1,2,3, dan 4 sudah nyaris mendekati 100 persen.

Baca Juga: Patimban Subang Jadi Prioritas Infrastruktur, Pemprov Jabar Usulkan Pengembangan Pariwisata dan Perikanan

Untuk paket satu kata dia telah mencapai 99,8 persen yang terdiri dari dermaga peti kemas 420 x 34 meter berkapasitas 250.000 TEUs, dermaga kendaraan 300 x 33 meter berkapasitas 218.000 CBU, area reklamasi 60 hektare, dan area kolam pelabuhan.

Kemudian, paket dua terdiri dari pengerjaan breakwater, seawall, dan pengerukan alur pelayaran saat ini progresnya telah mencapai 91,4 persen.

Sementara itu, untuk pengerjaan jembatan penghubung yang masuk dalam paket tiga saat ini progresnya mencapai 69,2 persen. Ditargetkan pengerjaan paket telah selesai pada akhir tahun 2021.

"Untuk paket empat pekerjaan access road sudah selesai 100 persen. Namun masih ada sedikit kekurangan pada sisi ramp on/ramp off menuju pelabuhan yang akan segera diselesaikan," ungkap Budi Karya.

Baca Juga: Patimban Subang Kawasan di Jabar Jadi Prioritas Pemerintah Pusat Dalam Percepatan Pembangunan

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x