Kementerian Perdagangan Tingkatkan Kapasitas Aplikasi Berbasis Teknologi Bagi UMKM

- 21 Oktober 2021, 16:16 WIB
Mendag Muhammad Luthfi.
Mendag Muhammad Luthfi. /Kamsari/Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden


BERITA SUBANG - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Muhammad Lutfi pastikan untuk membantu meningkatkan kapasitas dan kecakapan aplikasi berbasis teknologi bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Sejak awal tahun ini, kami di Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk memprioritaskan akselerasi dan transformasi digital di sektor perdagangan," kata Muhammad Luthfi dalam keterangan persnya secara virtual, Jakarta, Kamis 21 Oktober 2021.

Dia mengatakan ada beberapa program yang telah berjalan diantaranya membantu para UMKM untuk on boarding digital, program digitalisasi untuk pasar rakyat, hingga penataan kebijakan e-commerce yang berkeadilan.

Baca Juga: IHSG Rebound di Penutupan Perdagangan Kamis, 18 Maret 2021 Setelah BI Putuskan Pertahankan Suku Bunga

Karenanya kata dia dengan peningkatan kapasitas dan kecakapan digital bagi pelaku UMKM adalah sebuah keharusan demi mendorong percepatan digitalisasi nasional.

"Kami berkomitmen untuk membantu meningkatkan kapasitas para pelaku usaha khususnya para pelaku UMKM dalam memanfaatkan aplikasi berbasis teknologi digital untuk memasarkan produknya," kata Muhammad Luthfi.

Ditekankannya bahwa pembinaan dan peningkatan skala dan kemampuan UMKM ini bisa terwujud dengan komitmen dan kolaborasi antara pemerintah dengan pihak lain tak terkecuali sektor swasta.

"Untuk itu, saya berharap ke depannya (pemerintah dan pihak swasta) dapat terus berperan aktif dalam mempercepat transformasi digital di sektor perdagangan Indonesia (melalui komitmen itu)," papar dia.

Baca Juga: Bursa Regional Masuk Zona Merah, IHSG Turut Melemah 0,35 Persen pada Penutupan Perdagangan Hari Ini

Hal itu kata Muhammad Luthfi mengingat 197 juta orang memiliki akses internet, termasuk populasi terbesar didunia. Angka ini diproyeksikan akan bertumbuh 257 juta orang pada 2050.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x