ETF: Alternatif Investasi Ideal untuk Investor Pemula Angkatan Korona

- 13 Juni 2021, 20:17 WIB
ETFest 2021 merupakan kegiatan edukasi pasar modal berkonsep online festival selama 3 hari 11-13 Juni 2021.
ETFest 2021 merupakan kegiatan edukasi pasar modal berkonsep online festival selama 3 hari 11-13 Juni 2021. /Foto: Indo Premier Sekuritas/

BERITA SUBANG - Produk investasi Exchange Traded Fund (ETF) masih tergolong asing bagi sebagian investor pasar modal Indonesia. Padahal, ETF ini cocok untuk alternatif investasi bagi investor pemula (newbie) angkatan korona karena sejumlah keunggulan yang dimilikinya.

Tak mengherankan, di negara tetangga seperti Jepang, ETF tumbuh subur karena sangat diminati investor pemula. Pengakuan ini diungkapkan Head of ETF Secondary Trading di Tokyo Stock Exchange (TSE), Kei Okazaki di gelaran ETFest 2021 di hari kedua yang diselenggarakan PT Indo Premier Sekuritas, Sabtu, 12 Juni 2021.

Diketahui, ETFest 2021 merupakan kegiatan edukasi pasar modal berkonsep online festival selama 3 hari 11-13 Juni 2021 yang diinisiasi oleh PT Indo Premier Sekuritas dengan tujuan mengenalkan produk ETF yang memiliki karakter Efisien, Transparan dan Fleksibel sebagai alternatif investasi bagi investor pemula.

Kei Okazaki menjelaskan ETF yang diperkenalkan di Amerika pada 1993 untuk pertama kalinya diluncurkan di Jepang pada 1995 melalui Nikkei 300 Stock Index.

"Hingga hari ini sudah tercatat ada 12 market maker yang menyediakan likuiditas ke 155 produk ETF di Bursa Efek Jepang dengan total asset under management (AUM) per Februari 2021 mencapai US$580 miliar," kata Kei Okazaki dalam Keterangannya, Jakarta, Minggu, 13 Juni 2021.

Baca Juga: Ternyata Presiden Jokowi Pernah Telpon Elon Musk untuk Investasi di Indonesia

Pertumbuhan ETF yang signifikan di Jepang ini diakuinya disokong tiga keunggulan ETF, yakni harganya yang sangat terjangkau dibandingkan dengan produk investasi lainnya, bisa berinvestasi di berbagai aset dengan mudah karena cara perdagangannya seperti saham dan formulasi ETF yang terdiversifikasi bisa digunakan untuk investasi jangka pendek dan jangka panjang.

Kendati demikian, ia mengakui ada banyak tantangan saat Bursa Efek Jepang mulai memasarkan ETF untuk pertama kali. Berbagai insentif mulai pajak dan kemudahan akses diberikan untuk memikat investor.

Bahkan, untuk menggenjot kesadaran investor akan ETF, Tokyo Stock Exchange (TSE) membangun website khusus yang menginformasikan produk ETF setransparan mungkin.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah