Mural Mirip Jokowi Tertutup Masker Muncul Di Bandung

- 26 Agustus 2021, 11:31 WIB
Mural pria yang mirip Presiden Jokowi di Flyover Pasupati Kota Bandung viral di media sosial langsung hilang.
Mural pria yang mirip Presiden Jokowi di Flyover Pasupati Kota Bandung viral di media sosial langsung hilang. /Instagram @infojawabarat

BERITA SUBANG - Mural yang bernada sindiran kepada presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bermunculan menyusul viralnya mural ‘404’ not found beberapa waktu lalu. Kali ini, mural mirip sosok Jokowi ditemukan di bawah jembatan layang Pasopati, Bandung, Jawa Barat.

Kemunculan mural ini dinilai berkaitan karena kondisi masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini. Narasi mural yang disampaikan masih berkaitan dengan perasaan warga yang mengkritik situasi penanganan pandemi.

Sosok pria berpakaian putih mirip dengan Jokowi tampak menindih lukisan lain yang sebelumnya sudah digambar lebih dulu. Pada mural tersebut, sosok pria mengenakan sebuah masker yang menutupi mata dan hidung. Namun, tangan kanan pria tersebut terlihat sedang memegang bagian kepala.

Baca Juga: Diam-diam PAN Merapat ke Koalisi Jokowi

Tak jelas siapa pembuat mural tersebut. Hanya saja di bagian samping mural terdapat sebuah tulisan "Niskala". Tulisan tersebut juga terdapat di bagian kerah sebelah kanan yang ukurannya lebih kecil.

Selain mural, memang banyak coretan lain seperti grafiti di tembok Jembatan Layang Pasopati.

"Jadi mural bukan cuma di sisi tembok sini saja, banyak mural lainnya di tembok bagian lain," kata seorang warga yang biasa melintas.

Fenomena mencoret dinding dengan mural hingga grafiti masih meluas di berbagai wilayah meski kerap dihapus. Terakhir, di Solo muncul mural bertuliskan "Negaraku Minus Nurani" dan "Orang Miskin dilarang Sakit" di kawasan Stabelan, Kecamatan Banjarsari.

Baca Juga: Viral Mural 'Jokowi 404 Not Found', Fadli Zon : Ga Perlu Baper, Presiden Bukan Lambang Negara

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah