Google Merilis Sistem Operasi Android 12 Beta 5 Sekaligus Beta Terakhir, Ini Fitur-fitur Baru yang Tersedia

- 9 September 2021, 19:28 WIB
Android 12 beta 5 telah dirilis oleh Google dan merupakan beta terakhir sebelum peluncuran resminya.
Android 12 beta 5 telah dirilis oleh Google dan merupakan beta terakhir sebelum peluncuran resminya. /Dok. Android Developers Blog/

BERITA SUBANG - Google telah merilis beta kelima sekaligus terakhir dari sistem operasi Android 12 bahwa peluncurannya kemungkinan tidak akan lama lagi.

Ini merupakan lini waktu yang sangat baik, mengingat Google Pixel 6 (dan Google Pixel 6 Pro) juga kemungkinan akan diperkenalkan sebentar lagi terlihat dari promosi yang dilancarkan oleh Google untuk smartphone terbaru mereka ini.

Google Pixel 6 dan Google Pixel 6 Pro akan menjadi smartphone pertama yang diluncurkan dengan Android 12 langsung di luar kotak.

Beta kelima dari Android 12 ini pun sudah dapat diaplikasikan untuk smartphone terbaru Google yang telah diluncurkan, yaitu Google Pixel 5a, dan pengguna dapat mencoba fitur-fitur baru yang terdapat pada Android 12.

Android 12 beta 5 ini memiliki nama versi SPB5.210812.002 dengan ukuran yang berbeda-beda tergantung pada smartphone yang digunakan oleh pengguna, untuk Google Pixel 4 XL sendiri unduhan memiliki bobot 131MB.

Timeline peluncuran Android 12.
Timeline peluncuran Android 12.

Berikut adalah fitur-fitur baru yang terdapat pada Android beta 5 yang disampaikan oleh Google melalui blog pengembang Android mereka:

  • Dasbor privasi — Dasbor baru di Pengaturan memungkinkan pengguna melihat aplikasi mana yang mengakses jenis data apa dan kapan. Pengguna dapat menyesuaikan izin jika diperlukan, dan mereka dapat meminta detail dari aplikasi Anda tentang alasan akses.
  • Indikator mikrofon & kamera — Android 12 menampilkan indikator di bilah status saat aplikasi menggunakan kamera atau mikrofon.
    Pengalih mikrofon & kamera — Pengalihan baru di Setelan Cepat memungkinkan pengguna menonaktifkan akses mikrofon dan kamera secara instan untuk semua aplikasi.
  • Pemberitahuan pembacaan clipboard — Toast memberi tahu pengguna saat aplikasi membaca data dari clipboard secara tidak terduga.
  • Stretch overscroll — Efek overscroll "stretch" baru menggantikan efek overscroll "glow" sebelumnya di seluruh sistem. Lebih banyak di sini.
  • Layar splash aplikasi — Android 12 meluncurkan aplikasi dengan animasi layar splash baru.
  • Perubahan keygen — Beberapa algoritme kriptografi BouncyCastle yang tidak digunakan lagi akan dihapus demi versi Conscrypt. Jika aplikasi pengguna menggunakan kunci 512-bit dengan AES, Anda harus menggunakan salah satu ukuran standar yang didukung oleh Conscrypt.

Google menyampaikan bahwa pada beta 4 Android 12 mereka telah mencapai "stabilitas platform" dan kita dapat mengasumsikan beta 5 ini merupakan pematangan dari Android 12 sebelum akhirnya siap diluncurkan secara resmi bersamaan dengan seri smartphone Google Pixel 6.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah