WhatsApp Kini Memiliki Fitur untuk Memindahkan Riwayat Percakapan dari Sistem Operasi iOS ke Android

- 4 September 2021, 13:40 WIB
Pengguna kini dapat memindahkan riwayat percakapan dari sistem operasi iOS ke Android.
Pengguna kini dapat memindahkan riwayat percakapan dari sistem operasi iOS ke Android. /Dok. whatsapp.com/

BERITA SUBANG - WhatsApp mengumumkan pada bulan lalu bersamaan dengan peluncuran smartphone lipat Samsung Galaxy Z Fold3 dan Samsung Galaxy Z Flip3 bahwa aplikasi ini akan memiliki fitur untuk dapat memindahkan riwayat percakapan dari iOS ke Android.

Kini, fitur ini resmi hadir, namun dengan satu catatan, fitur ini baru tersedia untuk smartphone Samsung yang menjalankan sistem operasi Android 10 dan di atasnya.

WhatsApp menyampaikan hal ini di situs blog resminya dan menyampaikan bahwa proses ini tetap menggunakan prinsip end-to-end endcrytption (E2EE) atau enkripsi dari ujung ke ujung.

Ini berarti proses pemindahan riwayat percakapan dari sistem operasi iOS ke Android ini tidak akan tersimpan oleh WhatsApp, melainkan langsung antara dua pengguna tersebut. Hal ini disampaikan WhatsApp berlaku untuk pesan teks, pesan suara, pesan video, serta foto.

Saat pengguna melakukan pengaturan aplikasi WhatsApp di perangkat Samsung baru yang menjalankan Android 10 atau 11, mereka akan mendapatkan opsi untuk mentransfer obrolan dengan aman dari iPhone.

Proses ini memerlukan kabel USB-C ke Lightning dan juga aplikasi Samsung SmartSwitch dan proses ini hanya dapat melakukan ini ketika membeli perangkat Samsung baru atau setelah pengguna mengatur ulang ke pengaturan pabrik.

Proses transfer riwayat percakapan dari iOS ke Android.
Proses transfer riwayat percakapan dari iOS ke Android.

WhatsApp menyampaikan bahwa ini baru permulaan dan menyatakan bahwa fitur ini akan tersedia di perangkat-perangkat Android lain untuk ke depannya.

Berikut adalah syarat-syarat yang dibutuhkan untuk dapat melakukan transfer obrolan dari iOS ke Android:

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x