Google Messages Enkripsi dari Ujung ke Ujung Tidak Lagi dalam Versi Beta, Privasi Dapat Lebih Terjaga

- 17 Juni 2021, 16:07 WIB
Enkripsi ujung ke ujung di aplikasi Google Messages tidak lagi dalam versi beta.
Enkripsi ujung ke ujung di aplikasi Google Messages tidak lagi dalam versi beta. /Dok. Google Support/

BERITA SUBANG - Kembali pada bulan November, Google mengumumkan bahwa mereka akan mulai menguji enkripsi ujung ke ujung di Google Messages untuk Android.

Setelah terbatas pada saluran beta, E2EE (end-to-end encryption) kini diluncurkan ke semua pengguna dan telah dalam versi stabil.

Dengan enkripsi ujung ke ujung yang diaktifkan, Google atau pihak ketiga lainnya tidak dapat membaca konten (teks dan media) obrolan pengguna karena sedang transit antara pengirim dan penerima.

Google dalam berita gadget terkini menggunakan Protokol Sinyal dan menawarkan makalah teknis dengan detail lebih lanjut.

Baca Juga: Aplikasi Apple Music untuk Android Mendapatkan Pembaruan Fitur Spatial Audio dan Lossless Audio

E2EE mengharuskan kedua belah pihak untuk mengaktifkan fitur Chat dan data/Wi-Fi. Ini tidak berfungsi untuk SMS/MMS atau perpesanan grup, meskipun tersedia saat menggunakan aplikasi Google Messages untuk web.

Jika persyaratan tersebut terpenuhi, lapisan keamanan ini secara otomatis aktif untuk percakapan yang sudah ada dan yang baru. Itu tidak dapat dinonaktifkan dalam sikap sadar privasi oleh Google.

Pengguna akan melihat ikon kunci di spanduk “Mengobrol dengan”, stempel waktu, dan pada tombol kirim saat enkripsi ujung-ke-ujung diaktifkan/digunakan untuk pengiriman.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x