KB dengan Metode Operasi Pria di Kabupaten Purwakarta Capaiannya 800 persen di Atas Target, Ini Kata Ambu Anne

- 19 Februari 2023, 08:09 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika /Tim Purwakarta Talk

BERITA SUBANG - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, yang dipimpin oleh bupati cantik Anne Ratna Mustika merupakan salah satu pemkab di Jawa Barat yang aktif mengampanyekan program KB Metode Operasi Pria.

Apa itu MOP? Sering disebut vasektomi, merupakan prosedur klinik untuk mencegah kehamilan yang bersifat permanen.

Melalui operasi kecil, atau bedah minor, para suami yang bersedia divasektomi tidak dapat membuahi wanita karena alur transportasi sperma terhambat.

Mengapa pria yang sudah berketurunan mengambil program Keluarga Berencana ini? Tujuannya adalah membantu istri karena ada perempuan yang tidak dapat memakai KB, tidak cocok menggunakan alat kontrasepsi seperti Pil KB, suntik, atau implan, dengan efek samping membuat kegemukan berlebihan, plek dan lainnya.

Metode ini hanya disarankan untuk pasangan yang sudah memutuskan untuk tidak akan punya anak lagi.

Di Purwakarta, ternyata pemerintah kabupaten pimpinan Anne Ratna Mustika (Ambu Anne) cukup jawara di bidang ini.

Melansir dari situs resmi Pemkab Purwakarta (purwakartakab.go.id), kabupaten pimpinan Ambu Anne ini diganjar penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai daerah yang mendukung program KB pria MOP pada Selasa 14 Februari 2023 lalu.

Selain menerima penghargaan terkait KB, Pemkab Purwakarta juga menerima Bronze Winner dari Kemendikbudristek melalui LLDIKTI Wilayah IV karena Purwakarta dianggap masuk pada kategori Kabupaten atau kota yang paling tinggi berkontribusi pada pendidikan tinggi berdasarkan laporan ke LLDIKTI tahun 2022.

Berkaitan dengan diterimanya penghargaan dibidang program keluarga berencana, Ambu Anne mengungkapkan bahwa hasil ini merupakan bentuk keseriusan jajaran Pemkab Purwakarta dalam mewujudkan suksesnya program KB di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x