Doa Tahun Baru Islam 2022, Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriah 1 Muharram Sesuai Contoh Rasulullah SAW

- 29 Juli 2022, 18:25 WIB
Bacaan Doa Tahun Baru Islam
Bacaan Doa Tahun Baru Islam /Beritasubang//Pixabay//

BERITA SUBANG - Pergantian tahun Hijriah menandai anjuran pemanjatan doa Tahun Baru Islam 2022 yang segera tiba besok. Tibanya Tahun Baru Islam menjadi momen Rasulullah SAW membaca doa akhir tahun Hijriah dan awal tahun Hijriah.

Pergantian Tahun Islam atau Tahun Baru Islam yang jatuh pada 1 Muharam 1444 Hijriah, pada perhitungan Tahun Masehi 2022 bertepatan pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 Masehi.

Sesuai ajaran Nabi SAW, saat tiba Tahun Baru Islam, umat Muslim hendaknya merefleksi perjalanan hidupnya di tahun lalu jadi cermin untuk melangkah lebih baik di tahun baru yang segera akan dijalani.

Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan doa akhir tahun Hijriah dan doa awal tahun Hijriah pada Tahun Baru Islam, sebagai mana telah diriwayatkan para perawi Hadits yang shohih.

Baca Juga: Kang Jimat Senang Beras SS Ada di Yogya Grand Subang, Bupati Dorong Keras Kiprah BUMD Bangun Subang

Isi doa Tahun Baru Islam berupa doa akhir tahun Hijriah mengajarka kita untuk memohon ampun Allah SWT atas segala kekeliruan dan kesalahan umat Muslim.

Sementara isi doa Tahun Baru Islam pada doa awal tahun Hijriah memuat pengharapan umat Muslim atas karunia dan kemurahan Allah SWT kepada umat Nabi demi hidup yang lebih baik merujuk tuntunan Al Quran dan Hadits.

Sesuai tuntunan Rasulullah SAW, doa akhir tahun Hijriah dan doa awal tahun Hirjiah pada doa Tahun Baru Islam ini dianjurkan dibaca berulang tiga kali pada waktu sebelum shalat maghrib di akhir bulan Dzulhijjah

 

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Pikiranrakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x