Penanggulangan Bencana di Subang, Kang Akur Lantik Ganas Madu

- 13 Juni 2021, 13:52 WIB
Wabup Subang lantik pengurus Ganas Madu Subang periode 2021-2026 untuk upaya penanganan kebencanaan di Subang.
Wabup Subang lantik pengurus Ganas Madu Subang periode 2021-2026 untuk upaya penanganan kebencanaan di Subang. /Dok. Prokompim Subang/

BERITA SUBANG - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi (Kang Akur) melantik Pengurus Forum Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Terpadu Kabupaten Subang (Ganas Madu Subang) Periode 2021-2026.

Kegiatan dilaksanakan di SDN Puncak Jambelaer, Kecamatan Dawuan pada Sabtu Tanggal 21 Juni 2021 dihadiri Dandim 0605 Subang dan perwakilan Forkopimda Subang.

Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Kabupaten Subang H. Hidayat dalam laporannya menyampaikan bahwa sesuai Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Subang.

Dimana dalam Perda tersebut masyarakat bagian penting dalam wadah siaga bencana berbasis masyarakat terpadu sebagai kekuatan yang besar bersama sama untuk menyelenggarakan penanggulangan bencana dari mulai pencegahan, penanganan dan pasca bencana.

Sedangkan latar belakang dibentuknya Ganas Madu Subang, menurut H. Hidayat, adalah karena tingginya potensi bencana di Kabupaten Subang yang cukup lengkap sehingga menempati urutan ke-8 di Jawa Barat dengan potensi gunung merapi, longsor, banjir, angin puting beliung dan rob.

"Berbagai kejadian musibah sering terjadi di Subang. Sejak Januari 2021 bencana banjir 23 kali, rob 3 kali, pohon tumbang 23 kali, longsor 56 kali, rumah roboh 6 kali dan Covid-19 telah tembus ke angka 6.038 orang," Ujarnya.

Dengan Forum Ganas Madu Subang diharapkan menjadi kekuatan bersama-sama mensosialisasikan edukasi penanganan Covid-19 dan bencana lainnya.

Baca Juga: Subang Darurat Sampah, Sekda Subang Kembali Bahas Inovasi Tangani Sampah

Sementara itu Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang mengucapkan terima kasih kepada para jajaran Forkopimda dan seluruh jajaran pengurus serta anggota Forum Ganas Madu Subang yang telah bersinergi dalam menangani bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Subang.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x