Bupati Subang Siapkan Anggaran Tahun ini Bangun 50 Tungku Produksi Briket Arang untuk Tujuan Ekspor

- 27 Mei 2021, 18:42 WIB
Helmi Yahya (dua dari kiri) mendukung upaya Bupati Subang H. Ruhimat (tiga dari kiri) mendorong peningkatan kapasitas produksi briket arang Subang untuk komoditas ekspor.
Helmi Yahya (dua dari kiri) mendukung upaya Bupati Subang H. Ruhimat (tiga dari kiri) mendorong peningkatan kapasitas produksi briket arang Subang untuk komoditas ekspor. /Dokpim Setda Subang/

BERITA SUBANG - Bupati Subang H. Ruhimat (acap disapa Kang Jimat) beserta Helmy Yahya meninjau lokasi pengolahan produksi briket arang Subang di Desa Ciawitali, Kecamatan Serangpanjang, Rabu (26 Mei 2021).

Kujungan tersebut merupakan dukungan Bupati Subang dalam rangka menjadikan briket arang subang sebagai komoditas ekspor unggulan dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Subang.

Guna merealisasi tujuan tersebut, Bupati Subang telah menyiapkan anggaran belanja Kabupaten Subang tahun ini untuk membangun 50 lokasi tungku pembakaran arang di seputar desa yang berada pada kawasan pangkuan hutan.

Bupati Subang mendukung penuh upaya para pengrajin briket arang Subang menjadikan produk briket arang asal Subang sebagai komoditas unggulan di tingkat dunia.

"Kami bangun tungku-tungku arang karena menjanjikan (keuntungan, Pen), sehingga limbah-limbah akar pohon bisa dimanfaatkan penduduk untuk produksi arang" ujar Kang Jimat kepada Helmi Yahya.

Hal itu dilakukan Bupati Subang dalam rangka upaya peningkatan kapasitas produksi briket arang Subang agar dapat memenuhi order pemesanan dari berbagai negara seperti Arab Saudi, Australia, Turki dan Korea.

Dijelaskan Kang Jimat, Kabupaten Subang saat ini merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki izin ekspor arat sesuai regulasi yang berlaku.

"Alhamdulillah baru di Subang yang memiliki dan memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ekspor arang di Jawa Barat," kata Kang Jimat yang saat itu didampingi Sekda Subang H. Asep Nuroni dan Kepala Dinas Pariwisata dan Olah Raga (Disparpora) Drs. Asep Setia Permana.

Baca Juga: Helmi Yahya Temui Bupati Subang, Paparkan Strategi Pengembangan Setor Wisata

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah