PFN Siap Bertransformasi Jadi lembaga pembiayaan untuk pembuatan film

- 8 Februari 2021, 18:49 WIB
Erick Thohir.
Erick Thohir. /Instagram.com/@erickthohir



BERITA SUBANG - Pemerintah tengah menyiapkan transformasi Perum Produksi Film Negara (PFN) menjadi lembaga pembiayaan untuk pembuatan film, bukan lagi memproduksi film seperti yang dilakukan sebelumnya.

“Dulunya, PFN ini produksi film. Di situ melakukan cost production, production, distribution, dan lain-lain. Saya rasa ini peran swasta lah, mereka sudah lebih mampu, sudah lebih besar,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dalam acara Konvensi Nasional Media Massa, Senin 8 Februari 2021.

Baca Juga: Satgas Covid-19 dan PMI Ajak Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen

Di sisi lain, Erick melihat saat ini banyak kreator atau sineas muda yang kesulitan untuk membuat film lantaran tidak ada biaya. Padahal ada segudang ide yang ingin dituangkan dalam sebuah film.

Melalui transformasi ini, lanjut Erick, PFN akan dijadikan lembaga pembiayaan film yang menjadi core business-nya, di mana fokus PFN adalah financing.

Baca Juga: Banjir di Subang, Warga Terjebak Menangis Minta Tolong Tolong Dibagikan di Grup Facebooker Subang

“PFN ini daripada bikin film, sekarang industri film juga sedang berat, kenapa PFN ini tidak menjadi lembaga pembiayaan buat film. Contohnya di Korea Selatan ada, di Amerika Serikat ada, dan lain-lain,” kata Erick Thohir.***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah