Satgas Covid-19 dan PMI Ajak Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen

- 8 Februari 2021, 17:39 WIB
/Ilustrasi flayer ajakan Satgas Covid-19 untuk Donorkan Plasma Konvalesen/Foto: plasmakonvalesen.covid19.go.id

BERITA SUBANG —Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia kembali meminta para penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasma konvalesen menyusul besarnya kebutuhan pasien yang sedang berjuang sembuh.

Hal ini disampaikan Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19, Hery Trianto, dalam  Siaran Pers Satgas Penanganan Covid-19 hari Senin 8 Februari 2021.

Kedua lembaga sebenarnya telah mencanangkan gerakan nasional donor plasma konvalesen sejak Januari 2021.  Calon pendonor bisa mendaftarkan diri melalui situs plasmakonvalesen.covid19.go.id, aplikasi ‘Ayo Donor PMI’, dan dapat menghubungi call center di nomor 117 ekstensi 5.

Baca Juga: Cegah Penularan Corona, Satgas Covid-19 Kembangkan Posko di Daerah Kawal PPKM

Menurut Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo, kebutuhan plasma konvalesen yang semakin meningkat, sehingga dibutuhkan penyiapan stok kebutuhan plasma konvalesen melalui para donor. Hal ini seiring dari terus bertambahnya kasus aktif Covid-19 yang hingga Minggu, 7 Februari 2021 mencapai 176.291 kasus.

“Sebagai penyintas, mendonorkan plasma konvalesen merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah sembuh dan juga membantu penderita lainnya agar pulih,” tutur doni dalam siaran pers peluncuran situs pendaftaran pendonor  plasma konvalesen di Jakarta, Senin 8 Februari 2021.

Baca Juga: Simak Aturan Mendagri Tentang PPKM Mikro Yang Segera Berlaku 9 Februari

“Sebagian besar pasien memang cukup melakukan isolasi mandiri, tetapi ada sebagian lain memerlukan perawatan intensif. Terapi plasma konvalesen ini menjanjikan kesembuhan yang tinggi, saat ini sulit mencari pendonor dari para penyintas Covid-19. Selamatkan sesama, selamatkan bangsa," ucap Doni.

Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, yang saat ini menjabat Ketua Umum Palang Merah Indonesia juga menyatakan siap untuk melayani para pendonor plasma konvalesen di berbagai daerah.  PMI saat ini menyiapkan 31 Unit Donor Darah (UDD) dan mempunyai peralatan untuk mengelola plasma ini yang tersebar di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah