Luar Biasa, Pembangunan Pelabuhan Patimban Di Tanah Subang Manfaatkan Lahan Ratusan Hektar

- 20 Desember 2020, 19:42 WIB
Area Pelabuhan Patimban
Area Pelabuhan Patimban /Biro Pers Sekretariat Presiden/Foto: Kris - Biro Pers Setpres

BERITA SUBANG-Presiden Joko Widodo sah meresmikan pelabuhan Pantimban dengan menyaksikan peluncuran perdana ekspor mobil yang didampingi oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Subang, Jawa Barat, Minggu, 20 Desember 2020.

Presiden Jokowi mengatakan ditengah pandemi ini, salah satu proyek strategis nasional yaitu pembangunan Pelabuhan Patimban fase pertama telah di selesaikan.

"Alhamdulillah, proyek ini memiliki peran yang penting dan strategis baik dalam upaya meningkatkan perekonomian di Jawa Barat maupun nasional pada umumnya," ujar Presiden dalam sambutannya.

Adapun, total luas area pelabuhan Patimban secara keseluruhan mencapai 654 hektare. Dari jumlah tersebut, 300 hektare di antaranya akan diperuntukkan bagi peti kemas dan terminal kendaraan. Adapun untuk kapasitas pelabuhan nantinya akan mencapai sebesar 7,5 juta TEUs pada tahun 2027 mendatang.

Dengan kapasitas tersebut, Pelabuhan Patimban ini akan menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia yang disiapkan untuk mendukung kegiatan ekspor dan impor.

"Untuk itu saya minta kepada para menteri, gubernur, bupati/wali kota, dan pejabat-pejabat terkait agar bersama-sama pelaku UMKM, koperasi, dan perusahaan-perusahaan swasta untuk memaksimalkan infrastruktur yang sudah kita bangun ini dalam rangka menggairahkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat kita," tutur Presiden.

Pembangunan Pelabuhan Patimban di tanah Subang dengan julukan Kota Nanas itu dilakukan dalam tiga tahap. Pada saat soft lounching, pelabuhan ini baru tahap pertama diselesaikan pembangunannya.

Mengutip rilis Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, pembangunan Pelabuhan Patimban di tanah Subang dengan julukan Kota Nanas itu dilakukan dalam tiga tahap.

Pada saat soft lounching, pelabuhan ini baru tahap pertama di fase 1, pembangunan baru meliputi area terminal, pembangunan Breakwater, Seawall, dan Revetment, pembangunan Back Up Area, jalan akses, dan jembatan penghubung.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x