Joko Widodo Resmikan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban, Subang

- 20 Desember 2020, 15:27 WIB
Presiden Jokowi meninjau langsung perkembangan pembangunan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Jumat 29 November 2019 lalu. Pelabuhan patimban bakal mendorong industri otomotif bersaing
Presiden Jokowi meninjau langsung perkembangan pembangunan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Jumat 29 November 2019 lalu. Pelabuhan patimban bakal mendorong industri otomotif bersaing /Foto: BPMI Setpres/Kris/

BERITA SUBANG - Presiden RI Joko Widodo meresmikan pengoperasian perdana Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu 20 Desember 2020.

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, Pelabuhan Patimban hari ini saya nyatakan siap dan bisa digunakan," ujar Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden mengingatkan para stakeholder yang bertanggung jawab dalam pengelolaan mega proyek Pelabuhan Patimban  untuk memperhatikan sektor UMKM.

Hal ini mengingat, Pelabuhan Patimban memiliki lokasi strategis di antara Bandara Kertajati dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Saat ini, kata Presiden, Patimban telah siap melayani 3,75 juta TEUs peti kemas untuk tahap pertama dan akan menjadi 7 juta TEUs pada tahap III. Selain itu, kapasitas car terminal yang mencapai 218.000 mobil completely built up (CBU) dan ditargetkan menjadi 600.000 unit kendaraan ke depannya kendaraan akan meningkatkan ekspor otomotif ke pasar global.

Baca Juga: Apakah Anak-anak Perlu Divaksin, Ini Penjelasan Kemenkes

Presiden meyakini dengan posisinya yang strategis dan kapasitas car terminal yang besar, Pelabuhan Patimban menjadi kunci penghubung antara kawasan industri manufaktur, pariwisata, dan sentra pertanian, serta menopang percepatan ekspor.

Presiden berharap keberadaan Pelabuhan Patimban akan memperkuat Pelabuhan Tanjung Priok yang sudah padat dan menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bekasi-Jakarta, Jakarta-Bekasi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan Pelabuhan Patimban akan disinergikan dengan Tanjung Priok sesuai arahan Presiden, sehingga dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya logistik nasional.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah