Riset Indef: Prabowo dan Terawan Jadi Menteri Terpopuler di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

- 16 November 2020, 13:13 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto /Pangandaran.pikiran-rakyat.com/




BERITA SUBANG - Institute For Development of Economics and Finance (Indef) menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan menteri terpopuler dalam kabinet Jokowi - KH Ma'ruf Amin.

Hal itu tertuang dalam riset Indef bertajuk "Analisis Tentang Sentimen Institusi, Perilaku dan Kinerja Pemerintah" yang dirilis Minggu, 15 November 2020. Riset tersebut merupakan riset percakapan di media sosial yang dilakukan sejak Juli - 13 November 2020.

Dalam riset tersebut, Prabowo Subianto paling banyak diperbincangkan di publik dengan total 141,5 ribu percakapan. Kemudian disusul oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dengan perbincangan sebesar 103 ribu percakapan.

Baca Juga: Sekum PP Muhammadiyah: Pedagang Pasar Diuber-uber, Tapi Elit Dibiarkan Melanggar Protokol Kesehatan

Selain Prabowo dan Terawan, menteri-menteri lain yang banyak dibahas publik di sosial media adalah: Erick Tohir (100,3 ribu percakapan), Fachrul Razi (99,9 ribu percakapan), Tito Karnavian (64,8 ribu percakapan), Menteri Pendidikan (60,5 ribu percakapan), dan Menteri Polhukam (58,3 ribu percakapan).

Sementara itu, meski cukup populer di sosial media, Menteri Kesehatan Putrawan Agus Putranto menjadi menteri dengan sentimen negatif tertinggi yakni sebesar 74 persen.

Tingginya sentimen negatif bagi Menkes Terawan menurut Indef terjadi karena banyaknya cibiran dan kritikan dari publik terkait kebijakan pemerintah menganggulangi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Denda Rp50 Juta untuk FPI dan Habib Rizieq Malah Jadi Kritikan untuk Anies Baswedan

"Isu kursi kosong di program Mata Najwa menambah sentimen negatif bagi Menteri Kesehatan," demikian dikutip dari hasil riset Indef.

Selain Menteri Kesehatan, menteri lain yang cukup banyak mendapat sentimen negatif adalah: Menteri Pertanian (sentimen negatif 57 persen), Menteri Kominfo (sentimen negatif 55 persen), Menteri Agama (sentimen negatif 53 persen), Menteri KKP (47 persen), Menteri Pendidikan (44 persen) dan Menteri Keuangan (44 persen).***

Editor: Sunardi Panjaitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x