Moment Hari Jadi Kabupaten Indramayu, Ini kontribusi Kilang Balongan untuk Pembangunan Daerah

- 15 Oktober 2023, 08:38 WIB
Kilang Pertamina RU VI Balongan Indramayu.
Kilang Pertamina RU VI Balongan Indramayu. /

 

BERITASUBANG.COM – Kabupaten Indramayu yang terletak Provinsi Jawa Barat kini genap berusia 496 Tahun. Kabupaten yang secara geografis berada di pesisir Pantai Utara Pulau Jawa ini, kian mengalami perubahan dengan berbagi kemajuan.

Tidak dapat dipungkiri, kemajuan Kabupaten Indramayu ini karena banyak sektor industri dan budaya yang dimiliki Indramayu, mulai dari sector pertanian, perikanan, kerajinan, hingga industri Migas.

Kilang Pertamina Balongan merupakan salah satu industri yang cukup banyak memberikan sumbangsih untuk pembangunan Kabupaten Indramayu, baik pembangunan terhadap Sumber Daya Manusia-nya maupun dukungan pembangunan terhadap sarana dan prasarana infrastruktur.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan Mohamad Zulkifli mengungkapkan, Kilang Balongan mulai beroperasi sejak tahun 1994, dimana pada masa pembangunannya cukup banyak menyerap tenaga kerja lokal.

Baca Juga: DPR Minta Bareskrim Polri Tetapkan Tersangka Insiden Balongan

Hingga kini, warga sekitar area Kilang Balongan pun banyak yang bekerja di Kilang Balongan, baik sebagai tenaga kerja Organik maupun sebagai Tenaga Kerja Jasa Penunjang (TKJP) secara regular maupun ketika saat proyek pemeliharaan maupun pengembangan kilang.

Kemudian, lanjut Zulkifli, masyarakat sekitar Kilang juga diberikan program Tanggung Jawab Sosial atau CSR guna meningkatkan kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan warga. Saat ini ada 7 program TJSL yang dilaksanakan PT KPI RU VI Balongan, di antaranya adalah PESONA (Pertamina Support Orang dengan HIV/AIDS), PETA (Pemuda Tangguh Bencana), PERINTIS (Pemberdayaan Inklusi Teman Istimewa), WIRALODRA (Wilayah Masyarakat Pengelola Daur Ulang Sampah), FORDERIN (Forum Welder Indramayu), Pengembangan Taman Kehati & Mangoes Center, dan Pemberdayaan Warga Binaan LAPAS Indramayu.

Dari sisi dukungan untuk pembangunan maupun infrastruktur jalan, Kilang Pertamina Balongan bersama unit bisnis Pertamina lainnnya yang ada di Indramayu juga baru saja menyalurkan bantuan 1.200 drum aspal, memberikan bantuan dana program bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), memberikan bantuan dana kepada kelompok masyarakat, desa maupun lembaga-lembaga yang melakukan perbaikin fasilitas umum di daerahnya berdasarkan proposal yang diajukan, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x