Jaringan Fredy Pratama, Memiliki Kode 'The Secret', Disebut-sebut Memiliki Kesamaan dengan Pablo Escobar

- 18 September 2023, 09:11 WIB
Jaringan Fredy Pratama ini disebut-sebut memiliki kesamaan dengan Pablo Escobar
Jaringan Fredy Pratama ini disebut-sebut memiliki kesamaan dengan Pablo Escobar /Dok. PMJ News/

BERITA SUBANG - Personel Gabungan Direktorat IV Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri menangkap sejumlah kaki tangan jaringan narkoba Fredy Pratama.

Jaringan Fredy Pratama ini disebut-sebut memiliki kesamaan dengan Pablo Escobar, pengedar narkoba Kolombia yang berkolaborasi dengan penjahat lain untuk membentuk kartel Medellín pada awal 1970-an.

Melansir biography.com, Pablo Escobar mengendalikan lebih dari 80 persen kokain yang dikirim ke Amerika Serikat, mendapatkan julukan "Raja Kokain."

Fredy Pratama mengumpulkan perkiraan kekayaan bersih 30 miliar dollar AS dan dinobatkan sebagai salah satu dari 10 orang terkaya di Bumi oleh majalah Forbes.

Ia memperoleh popularitas dengan mensponsori proyek-proyek amal dan klub sepak bola, tetapi kemudian, kampanye teror yang menyebabkan pembunuhan ribuan orang mengubah opini publik terhadapnya.

Usai menyerah kepada pihak berwenang Kolombia pada tahun 1991, Escobar lolos dari penahanan pada tahun 1992 dan menjadi buronan sampai kematiannya yang dramatis pada bulan Desember 1993.

Escobar bertanggung jawab atas pembunuhan ribuan orang, termasuk politisi, pegawai negeri, jurnalis, dan warga biasa.

Saat ia menyadari bahwa dia tidak memiliki kesempatan untuk menjadi presiden Kolombia, Escobar melepaskan kemarahannya pada musuh-musuhnya dengan harapan mempengaruhi politik Kolombia.

Tujuannya yaitu klausul tanpa ekstradisi dan amnesti bagi para buron narkoba dengan imbalan menghentikan perdagangan.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x