Apakah Ridwan Kamil akan Menjadi Calon Presiden? Survei Lembaga Survei SMRC Sebut Hal Ini

- 29 Januari 2023, 04:20 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil /Instagram @ridwankamil  /

BERITA SUBANG - Apakah Ridwan Kamil akan Menjadi Calon Presiden? Pertanyaan tersebut menggelayut di banyak konstituen di daerah Jawa Barat, mengingat gubernur di provinsi ini belum melakukan gerakan khusus.

Terkini, Ridwan Kamil hanya memastikan dirinya berada di Partai Golkar, namun tidak ada berita pencalonan dirinya di Pemilu Presiden 2024 (Pilpres 2024).

Menjawab hal tersebut, Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menganalisa, bahwa bergabungnya Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil ke Partai Golkar bisa menghambat atau menggerus dukungan publik pada Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Jawa Barat.

"Hal itu terjadi jika Ridwan Kamil maju sebagai calon wakil presiden atau menjadi juru kampanye untuk calon presiden di luar Prabowo dan Anies," kata Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam program bertajuk "Bedah Politik bersama Saiful Mujani" episode "Ridwan Kamil dan Calon Presiden Golkar” di kanal YouTube SMRC TV pada Kamis.

Saiful menuturkan bahwa bergabungnya Ridwan Kamil dengan Partai Golkar adalah salah satu pilihan yang masuk akal bagi Ridwan Kamil karena Golkar adalah partai yang besar.

Selain itu, di Jawa Barat, partai ini memiliki sejarah kesuksesan sehingga ada harapan bahwa bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar akan membantu partai tersebut baik dalam pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.

Ridwan Kamil tahu diri?

"Apakah Ridwan Kamil akan menjadi calon presiden? ini adalah pertanyaan yang penting," kata dia.

Akan tetapi jika dilihat dari pernyataan-pernyataan yang dikeluarkan, Ridwan Kamil menyatakan bahwa dia tahu diri.

Dia mengatakan tahu diri dalam pengertian ini adalah semua tergantung pada keputusan Partai Golkar dan akan mengikuti keputusan yang ditetapkan oleh partainya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x