Mentan Luncurkan Hashtag Jaga Pangan Jaga Masa Depan, Jan Maringka: Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia

- 20 April 2022, 23:36 WIB
Kolase: Menteri Syahrul Yasin Limpo bersama Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh (atas) dan Itjentan Jan S Maringka (bawah)
Kolase: Menteri Syahrul Yasin Limpo bersama Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh (atas) dan Itjentan Jan S Maringka (bawah) /Foto: beritasubang.com/Edward Panggabean

BERITA SUBANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meluncurkan hashtag Pengawasan Inspektorat Jenderal Pertanian (Itjen Kementan) dibawah Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan Jan S Maringka dengan tagline Jaga Pangan Jaga Masa Depan.

Menteri Syahrul Yasin Limpo mengatakan kegiatan rakor dan peluncuran hashtag Jaga Pangan Jaga Masa Depan dengan mengandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kepolisian, dan Kejaksaan merupakan upaya Kementerian Pertanian untuk mendukung keberhasilan program pembangunan pertanian.

“Tugas kita hadir untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Untuk itu kami perlu BPKP, Polri dan Kejaksaan bersama APIP Kementan untuk mengawal kami agar tidak terjadi pelanggaran” ujar Syahrul Yasin Limpo dalam koordinasi bidang ketahanan pangan di Auditorium Kementan, Jakarta, Rabu 20 April 2022.

Baca Juga: Bangun Usaha Pertanian Bisa Cuan Maksimal di Era Pandemi, Begini Cara Mengolahnya

Sementara Irjen Kementan Jan S Maringka mengatakan sebagai salah satu fungsi kontrol internal, keberadaan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) memiliki peran penting dalam penyelenggaraan good governance untuk mengawal tercapainya Misi Kementan yaitu mewujudkan ketahanan pangan, meningkatkan nilai tambah dan daya saing pertanian, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia sarana dan prasarana Kementan.

"Hal itu agar pembangunan dapat berjalan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran," kata Jan Maringka dalam keterangannya,

Dijelaskan dia, tugas dan fungsi pengawasan akan semakin optimal jika dilaksanakan secara terpadu sinergi dengan APIP lainnya seperti BPKP dan instansi penegak hukum lainnya, seperti Kejaksaan dan Kepolisian.

"Sinergi APIP dan APH menjaga Ketahanan Pangan merupakan sebuah inisiatif Kementan dalam rangka mendukung komitmen pemerintah di bidang Ketahanan Pangan," tutur Jan Maringka yang baru dilantik sebagai Irjen Kementan pada 30 Maret 2022 silam.

Baca Juga: Ini Komentar Mendag M Lutfi Perihal Dirinya Menyatakan Tidak Akan Menyerah Oleh Mafia Pangan, Siapa Mafianya?

Dia menekankan program ini bertujuan untuk mewujudkan sinergitas antara Itjentan, unit eselon I Kementan, BPKP, BPK dan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam mengawal Ketahanan Pangan dengan mengedepankan fungsi pencegahan dan early warning system.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x