Catat! Pemudik Kereta Boleh Bawa Motor Gratis

- 8 April 2022, 23:09 WIB
Kereta api jarak jauh.
Kereta api jarak jauh. /dok. via PMJ News/

BERITA SUBANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali meluncurkan program angkutan motor gratis. Nantinya, pemudik yang menggunakan kereta api, bisa tetap naik kereta dan motor tetap diangkut dengan gratis.

Program Angkutan Motor Gratis ini sangat digemari pada musim libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, pemerintah akan kembali meluncurkan program ini.

"Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. kalau bus ada kita sediakan untuk penumpangnya gratis dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat melakukan inspeksi ke Stasiun Pasar Senen menjelang masa mudik lebaran, dilansir dari laman Kementerian Perhubungan, Jumat 8 April 2022.

Baca Juga: Kemenkumham Buka Pendaftaran Poltekip dan Poltekim, Cek Link dan Syaratnya di Sini

Menhub memperkirakan ada 8 juta pemudik yang naik kereta api saat libur lebaran 2022 ini. Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, menjelaskan pihaknya masih melakukan formulasi terkait pelaksanaan Angkutan Motor Gratis.

Namun, sebagai gambaran dari kapasitas 19.000 unit motor yang diangkut tahun sebelumnya, kemungkinan tahun ini sekitar 5.000 motor.

"karena armada digunakan antisipasi angkutan penumpang," kata Zulfikri.

Adapun lintas yang akan dilayani lintas yang dilayani juga akan dipotong, tidak sampai Jawa Timur.

Baca Juga: Catat, Begini Aturan Terbaru Naik Kereta Api Berlaku Mulai 9 Maret 2022

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x