Pemerintah Subsidi Minyak Goreng Curah Rp14.000 per Liter

- 15 Maret 2022, 21:18 WIB
Ilustrasi harga minyak goreng kemasan dan curah terbaru.
Ilustrasi harga minyak goreng kemasan dan curah terbaru. /freepik/user3802032

BERITA SUBANG - Pemerintah memutuskan untuk menyalurkan minyak goreng curah bersubsidi seharga Rp14.000 per liter. Hal itu ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers bersama usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Selasa 15 Maret 2022 sore, di Istana Merdeka, Jakarta, dilansir dari laman Setkab.

Airlangga mengatakan, subsidi minyak goreng curah ini diberikan dengan memperhatikan perkembangan situasi yang ada saat ini. Ia pun menegaskan bahwa pemerintah terus memperhatikan situasi penyaluran dan ketersediaan minyak goreng di tanah air.

“Dengan memperhatikan situasi global, di mana terjadi kenaikan harga-harga komoditas, termasuk minyak-minyak nabati dan di dalamnya juga termasuk minyak kelapa sawit, maka pemerintah memutuskan bahwa pemerintah akan menyubsidi harga minyak kelapa sawit curah, itu sebesar Rp14.000 per liter. Subsidi akan diberikan berbasis kepada dana dari BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit),” ujar Airlangga.

Baca Juga: Minyak Goreng Langka, Susi Pudjiastuti Bagi Resep Buat Minyak Kelapa

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan, menurut Airlangga, akan menyesuaikan dengan harga keekonomian.

“Harga kemasan lain, ini tentu akan menyesuaikan terhadap nilai keekonomian. Sehingga tentu kita berharap bahwa dengan nilai keekonomian tersebut, minyak sawit akan tersedia di pasar modern maupun di pasar tradisional atau pun di pasar basah,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengawalan terhadap distribusi dan ketersediaan minyak goreng di pasaran.

“Sesuai dengan apa yang sudah disampaikan oleh Bapak Menko Perekonomian terkait dengan perubahan harga minyak curah menjadi Rp14.000 untuk harga eceran tertinggi, tentunya kami dari kepolisian siap untuk mengawal sehingga jaminan distribusi kemudian ketersediaan di pasar betul-betul riil di lapangan,” ujar Kapolri.

Baca Juga: Jangan Terpancing Harga Murah, Hati-hati Modus Jual Minyak Goreng Online

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x