Nusantara Bakal Jadi Kota Percontohan Dunia

- 10 Maret 2022, 19:20 WIB
Ibu Kota Negara baru, Nusantara. (Foto: PMJ News/Instagram @nyoman_nuarta)
Ibu Kota Negara baru, Nusantara. (Foto: PMJ News/Instagram @nyoman_nuarta) /

BERITA SUBANG - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengatakan Presiden Joko Widodo berharap agar Ibu Kota Nusantara menjadi kota percontohan bukan hanya untuk Indonesia tetapi juga dunia.

Bambang Susantono juga menekankan, untuk membangun sebuah kota dibutuhkan waktu 15-20 tahun hingga kota itu memiliki roh atau soul of the city. Karena itu, usai pelantikan dirinya menjadi Kepala Otorita IKN, ia akan bergegas membangun Kota Nusantara yang inklusif, hijau, cerdas dan berkelanjutan.

Keinginan tersebut diungkapkannya usai dilantik menjadi Kepala Otorita IKN, di Istana Negara, Jakarta, Kamis 10 Maret 2021. Selain Bambang Susantono, juga dilantik Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, dan Gubernur Sulawesi Selatan Sisa Masa Jabatan Tahun 2022-2023 Andi Sudirman Sulaiman.

“Titipan dari Bapak Presiden salah satunya, kota itu harus membangun satu peradaban baru. Beliau menginginkan kota ini menjadi kota percontohan yang tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga kalau bisa it’s a global city,” ujarnya, seperti dilansir dari laman Sekretariat Kabinet.

Baca Juga: Bambang Susantono Resmi Jabat Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara

Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa ia bersama Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe akan segera memulai tugas dan amanah untuk membangun Kota Nusantara yang inklusif, hijau, cerdas, dan berkelanjutan. Pembangunan sebuah kota, imbuhnya, memerlukan waktu 15-20 tahun hingga kota tersebut mempunyai roh atau soul of the city.

“Kita membangun kota tidak hanya membangun fisiknya tetapi terutama adalah bagaimana kerekatan sosialnya, bagaimana interaksi antarwarganya, bagaimana kota tersebut benar-benar akan menjadi kota yang layak huni, humanis, dan liveable,” tuturnya.

Presiden Jokowi juga mengharapkan agar Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat membangun peradaban baru yang merefleksikan kota Indonesia di masa depan.

“Bapak Presiden mengharapkan tentu ini kota akan menjadi satu kota yang dapat merefleksikan kota Indonesia di masa depan, di mana tentu saja semua tantangan dan refleksi ke masa depan kita akan terangkum di dalam kota ini,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x