Ketua Umum KORPRI: PNS Berkualitas Tak Akan Tergantikan Oleh Robot

- 1 Desember 2021, 19:11 WIB
Ilustrasi anggota Korpri.
Ilustrasi anggota Korpri. /Antara

BERITA SUBANG - Wacana pemerintah untuk menggantikan fungsi kerja aparatur sipil negeri dengan sistem teknologi yang dalam hal ini, bisa dilakukan oleh robot masih menjadi perbincangan sejumlah pihak.

Namun, Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Zudan Arif Fakrullah menegaskan pegawai negeri sipil (PNS) berkualitas dan memadai tidak akan tergantikan dengan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang menggunakan mesin robot.

Hal itu disampaikan Zudan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021.

Zudan mengatakan, rencana pemerintah untuk menerapkan teknologi dalam sistem administrasi pemerintahan merupakan pemicu bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) meningkatkan kapabilitas mereka menjadi lebih mumpuni.

Baca Juga: Cek Link Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Pendamping Lokal Desa PLD 2021

“PNS yang berkualitas tidak akan tergantikan oleh robot ataupun mesin. Tetapi kalau PNS yang tidak berkualitas, maka pasti tergantikan. Jadi ini untuk memotivasi dan memacu para ASN agar menjadi ASN yang berkualitas,” kata Zudan.

Selain itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri tersebut mengatakan, beberapa sektor dalam lingkup instansi pemerintah masih memerlukan kehadiran ASN dalam bentuk sumber daya manusia (SDM).

“Dalam banyak hal, ASN tidak bisa tergantikan, seperti yang terkait dengan empati, kerja sama, dan kemanusiaan; itu sampai saat ini belum bisa tergantikan oleh robot atau mesin,” katanya, seperti dilaporkan Antara.

Baca Juga: Kronologi dan Penyebab Meninggalnya Ameer Azzikra yang baru berusia 20 Tahun

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x