Desember, Masuk Gelombang ke 3 Covid-19, Perketat Pintu Masuk Ke Indonesia

- 11 Oktober 2021, 13:18 WIB
pekerja kesehatan mulai kelelahan menghadapi gelombang ketiga covid-19. Angka positif covid-19 meningkat menjadi 6.075 kasus/Kementerian Kesihatan Malaysia
pekerja kesehatan mulai kelelahan menghadapi gelombang ketiga covid-19. Angka positif covid-19 meningkat menjadi 6.075 kasus/Kementerian Kesihatan Malaysia /

BERITA SUBANG - Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  tetap memantau dinamika yang terjadi maupun potensi melonjaknya kembali kasus corona.

Kewaspadaan itu termasuk potensi terjadinya ledakan gelombang ketiga kasus Covid-19 pada Desember 2021. Untuk mengantisipasi datangnya gelombang ketiga Covid-19, Kemenkes sedang melakukan sejumlah langkah yang diperlukan.

Hal tersebut disampaikan Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu, saat diwawancarai wartawan di sela-sela peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 di RSJD Dr Arif Zainudin Kota Solo, Minggu 10 Oktober 2021.

Baca Juga: DPR Dukung Revitalisasi Media Sosial di Era Disrupsi Digital

“Yang pertama dan utama lakukan prokes (protokol kesehatan), jangan bosan. Ini yang paling murah. Kedua, perkuat tracing dan testing. Bila ada yang positif di-tracing 10-14 orang. Cari siapa terpapar, ya mereka dikarantina, diisolasi,” ujarnya

Yang tidak kalah penting dalam mencegah gelombah III Covid-19, menurut Plt Dirjen P2P Kemenkes, yaitu memperketat pintu-pintu masuk ke Indonesia, baik jalur darat, laut, maupun udara. Langkah itu untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 dari tamu internasional.

“Pintu-pintu masuk internasional baik darat, laut, dan udara, dijaga ketat. Sehingga orang yang akan masuk diketahui bagaimana kondisi dan statusnya. Mereka harus diperiksa PCR dan dikarantina, kalau positif diisolasi,” tuturnya.

Untuk Pembukaan Bandara, sejauh ini, menurut Maxi, jalur masuk Indonesia yang sudah dibuka yakni Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Samratulangi, Manado. Dalam waktu dekat akan dilanjutkan pembukaan bandara untuk pariwisata di Bali, Batam, dan Medan.

Pembukaan tiga bandara yang akan dilakukan mulai 14 Oktober 2021 itu menjadi percontohan dan akan dilakukan evaluasi berkala. Jika pembukaan tiga bandara tersebut tak bermasalah, tak menutup kemungkinan bandara lain menyusul dibuka.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x