Lodewijk Paulus Resmi Ditetapkan Jadi Wakil Ketua DPR RI Gantikan Azis Syamsuddin

- 30 September 2021, 13:37 WIB
Ilustrasi suasana Sidang Paripurna DPR yang diketuai oleh Puan Maharani
Ilustrasi suasana Sidang Paripurna DPR yang diketuai oleh Puan Maharani /Foto: dpr.go.id/

BERITA SUBANG - Rapat paripurna DPR RI akhirnya resmi menetapkan Lodewijk Paulus sebagai Wakil Ketua DPR RI mengantikan Azis Syamsuddin yang telah mengundurkan diri dari kursi jabatan legislatif pasca berstatus tersangka dugaan korupsi.

Rapat paripurna DPR RI dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dengan lebih dulu menjelaskan tata tertib peraturan DPR RI nomor 1 Tahun 2020 mengenai tata cara pemberhentian pimpinan DPR yang mengundurkan diri dari jabatan sebagai pimpinan DPR.

"Maka DPR perlu menetapkan pemberhentian saudara Azis Syamsuddin dari jabatan Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Politik dan Keamanan," kata Puan Maharani dalam keterangannya, Jakarta, Kamis 30 September 2021.

Baca Juga: Partai Golkar Sah Tunjuk Lodewijk Paulus Jadi Wakil Ketua DPR Gantikan Posisi Azis Syamsuddin

Pada saat sidang paripurna itu, Puan Maharani meminta persetujuan kepada anggota dewan yang hadir pada persidangan itu untuk menetapkan Lodewijk Paulus, sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin.

"Kami tanyakan apakah Lodewijk Paulus dapat ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPR RI," ucap Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI.

Setelah itu, dengan kompak para anggota DPR pun sepakat menyatakan setuju, jika Lodewijk Paulus pantas menduduki jabatan tersebut. Selanjutnya, pengambilan sumpah jabatan pelantikan sebagai Wakil Ketua DPR RI pun dilakukan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin.

Sebelumnya Puan Maharani mengatakan pimpinan DPR RI telah menerima surat dari DPP Partai Golkar terkait pengunduran diri Azis Syamsuddin dari Wakil Ketua DPR RI sekaligus menunjuk Lodewijk Paulus sebagai penggantinya.

"Sesuai dengan peraturan yang berlaku, pimpinan DPR menyampaikan nama pengganti tersebut dalam rapat paripurna untuk ditetapkan," ucap Puan Maharani.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x