Polemik Ijazah Latar Belakang Pendidikan Jaksa Agung, Menkopolhukam Diminta Bentuk Tim Investigasi

- 26 September 2021, 14:28 WIB
Jaksa Agung Burhanuddin
Jaksa Agung Burhanuddin /Foto: Puspenkum Kejagung/

BERITA SUBANG - Adanya perbedaan ijazah pada latar belakang pendidikan Jaksa Agung Burhanuddin masih jadi polemik oleh kalangan meski pihak Kejaksaan Agung melalui Kapuspenkum telah mengklarifikasi atas perbedaan data riwayat pendidikan tersebut.

Kendati demikian Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak telah memberikan klarifikasi namun jejak digital informasi pendidikan yang menuliskan lulusan UI-Undip terhadap Jaksa Agung Burhanuddin masih tersisa di media sosial Instagram @Kejaksaan.RI yang diunggah pada 29 Oktober 2019.

Namun klarifikasi yang disampaikan Kapuspenkum disesalkan bagi kalangan, pasalnya sudah menjadi konsumsi publik, sehingga Burhanuddin harus menyampaikan secara pribadi dan terbuka bukan melalui Kapuspenkum.

Baca Juga: Kejagung Klarifikasi Isu Ijazah Latar Belakang Pendidikan Jaksa Agung, Kapuspenkum: Dipastikan Itu Salah

"Jaksa Agung harus klarifikasi secara pribadi, seperti mendapatkan ijazah yang asli dari mana, dan kenapa ada perbedaan antara informasi di publik dan akademik di Unsoed?," ucap Pengamat Hukum Erwin Natosmal Oemar dalam keterangannya, Jakarta, Minggu 26 September 2021.

Dia menambahkan, perbedaan data pada latar belakang pendidikan Jaksa Agung ini merupakan permasalahan yang serius dan mempengaruhi kredibilitas Kejaksaan.

"Karena itu, harus ada konfirmasi secepatnya dari Jaksa Agung," ujarnya.

Data laporan akhir tahun kejaksaan 2012
Data laporan akhir tahun kejaksaan 2012

Sebabnya Erwin menghimbau selayaknya Menkopolhukam Mahfud MD membuat tim investigasi independen untuk menyelidiki masalah latar belakang pendidikan tersebut.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x