Jaksa Agung Burhanuddin Tertimpa Isu Ijazah Latar Belakang Pendidikan, Pakar: Perlu Verifikasi

- 23 September 2021, 08:55 WIB
Kolase dua latar belakang pendidikan Jaksa Agung Burhanuddin
Kolase dua latar belakang pendidikan Jaksa Agung Burhanuddin /Foto: Kolase Ig@kejaksaanri dan tangkaplayar buku pengukuhan profesor Burhanuddin/

BERITA SUBANG - Isu perbedaan latar belakang pendidikan Jaksa Agung Burhanuddin mulai mencuat, sosok mantan Jamdatun ini kerap menuai kontroversi, usai kasus Pinangki Sirna Malasari kini dirinya dihadapan dengan ijasah kelulusan sarjananya, pasca mendapat gelar pengukuhan profesor.

Ini terungkap dari beredarnya perbedaan informasi profil pendidikan Burhanuddin dalam buku pidato pengukuhan profesor dan daftar riwayat hidupnya yang pernah dipublikasikan melalui media sosial Instagram @kejaksaan RI. Namun di situs resmi Kejaksaan Agung dengan alamat https://www.kejaksaan.go.id/profil_kejaksaan.php?id=9&ids=47 masih kosong.

Sementara, mengutip buku pengukuhannya sebagai profesor di Universitas Jenderal Soedirman, disebutkan bahwa Burhanuddin merupakan lulusan sarjana hukum dari Universitas 17 Agustus 1945, Semarang, Jawa Tengah tahun 1983.

Baca Juga: Jaksa Agung Perintahkan Jajaran Intelijen Perangkat Digital Kejaksaan Aman Dan Tak Bocor

Namun, dalam Instagram itu Burhanuddin disebut lulusan sarjana hukum Universitas Diponegoro tahun 1980. Sementara untuk pendidikan pasca sarjananya, menyebut bahwa jaksa agung itu merupakan lulusan magister manajemen dari Universitas Indonesia (UI) tahun 2001. Sedangkan di buku pengukuhan profesornya, Burhanuddin disebut lulus dari Sekolah Tinggi Manajemen Labora di DKI Jakarta tahun 2001.

Pada pendidikan doktornya, Burhanuddin mendapatkan gelar doktor di Universitas Indonesia (UI) tahun 2006. Namun, dalam buku pengukuhan, ia merupakan lulusan Universitas Satyagama Jakarta tahun 2006.

Ketika dilakukan penelusuran dengan kata kunci ST Burhanuddin yang muncul di pangkalan data Dikti adalah seorang dosen di Universitas Satyagama Jakarta. Sedangkan dengan kata kunci Sanitiar Burhanuddin tidak ditemukan.

Kalangan media mencoba menelusuri untuk konfirmasi ke pihak UI, kemudian ditelusuri data atas nama ST Burhanuddin sebagai lulusan magister manajemen UI tahun 2001. Hasilnya, tidak ditemukan nama tersebut dalam database mereka. Yang muncul adalah Muhammad Ikhsan Burhanuddin lulusan magister manajemen angkatan 2018.

"Berikut datanya, dengan kata kunci Burhanuddin dan lulusan program studi magister manajemen. Hanya ada data atas nama Ikhsan Burhanuddin yang telah lulus pada tahun 2018," kata Humas Universitas Indonesia (UI), Mariana.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x