Bamsoet : Waspadai Bangkitnya Paham Separatisme, Radikalisme, dan Etno Nasionalisme Ditengah Pandemi

- 16 Agustus 2021, 19:40 WIB
Bamsoet : Waspadai Bangkitnya Paham Separatisme, Radikalisme, dan Etno Nasionalisme Ditengah Pandemi
Bamsoet : Waspadai Bangkitnya Paham Separatisme, Radikalisme, dan Etno Nasionalisme Ditengah Pandemi /

BERITA SUBANG - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengingatkan, pandemi Covid-19 memiliki dampak ekonomis yang dapat meningkatnya angka pengangguran, kemiskinan serta kesenjangan yang berpotensi menimbulkan permasalahan dalam bidang-bidang lainnya.

Pernyataan itu disampaikan Bamsoet sapaan Bambang Soesatyo dalam pidato kenegaraannya diagenda sidang tahunan MPR di Gedung MPR/DPR, Senin 16 Agustus 2021.

"Patut diwaspadai adalah potensi bangkitnya nilai-nilai, paham individualisme, komunisme, intoleransi, separatisme, radikalisme, terorisme, dan etno nasionalisme di tengah ketidakpastian akibat pandemi Covid-19," ujar Bamsoet.

Baca Juga: Isi Pidato Kenegaraan LENGKAP Jokowi di Sidang Tahunan MPR, Tak Bahas Kemiskinan dan Utang, Mural Makin Viral

Oleh karena itu, tegas Bamsoet, upaya memerangi pandemi Covid-19 beserta dampaknya tidak hanya dilakukan dengan meningkatkan ketahanan tubuh dengan vaksinasi.

Namun, tegas Bamsoet, hal itu juga harus dibarengi dengan upaya melakukan vaksinasi ideologi untuk meningkatkan ketahanan ideologi masyarakat.

Dalam kerangka itu, lanjut Bamsoet, Pimpinan dan seluruh Anggota MPR RI, dengan segala keterbatasan yang ada, terus melakukan vaksinasi ideologi Pancasila.

"Melalui sosialisasi Empat pilar MPR, yaitu Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah tanah air," papar Politikus Golkar ini.

Ia meyakini, melalui vaksinasi ideologi segala potensi ancaman dan gangguan yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa akan dapat dicegah dan ditangkal.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x