Jokowi Tekankan Waspadai Rivalitas Antar Ideologi Pada Peringatan Hari Pancasila 1 Juni 2021

- 1 Juni 2021, 12:06 WIB
Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara hari lahir Pancasila secara virtual dari Istana kepresidenan Bogor, Jawa Barat.
Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara hari lahir Pancasila secara virtual dari Istana kepresidenan Bogor, Jawa Barat. /Doc. Puspen TNI/

BERITA SUBANG - Presiden Joko Widodo menyadari meski Pancasila telah menyatu dalam kehidupan bangsa Indonesia sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Salah satu tantangan tersebut adalah meningkatnya rivalitas antar ideologi.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam amanatnya secara virtual pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 1 Juni 2021.

Jokowi menegaskan globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta-merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

"Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Dari Istana Bogor

Jokowi menekankan untuk menghadapi semua itu, bahwa perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0.

Selain itu, Pancasila juga harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu-padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” imbuhnya.

Baca Juga: MPC PP Subang Peringati Hari Lahir Pancasila Gelar Webinar Bahas Ekonomi Subang

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x