Kapal KM Karya Indah Terbakar di Kepulauan Sula Angkut 181 Penumpang, Sebagian Anak-Anak dan 4 Lansia

- 29 Mei 2021, 17:46 WIB
Video detik-detik penumpang kapal KM Karya Indah tujuan Ternate-Sasana melompat ke laut, evakuasi kebakaran kapal.
Video detik-detik penumpang kapal KM Karya Indah tujuan Ternate-Sasana melompat ke laut, evakuasi kebakaran kapal. /Twitter.com/@dylansabalaka


BERITA SUBANG - Kapal KM Karya Indah terbakar di perairan Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, dengan membawa 181 penumpang dan 14 anak buah kapal (ABK), tidak ada korban jiwa dalam kejadian naas itu, tim penyelamat berhasil mengevakuasi.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengatakan proses evakuasi selesai pukul 11.30 WIT. Seluruh penumpang mendapat pertolongan dari tim gabungan Rescue Unit Siaga SAR Sanana. Api yang menghanguskan sebagian dek kapal telah di padamkan, dan kapal ditarik ke pulau terdekat.

"Sementara tidak ada korban jiwa. Semua selamat. Tidak ada penumpang luka parah. Rata-rata hanya luka lecet, kedinginan, hipotermia, dan syok," kata Arafah dalam keterangannya, Sabtu, 29 Mei 2021.

Baca Juga: Operasi Salvage 3 Kapal China Dikerahkan Pencarian KRI Nanggala 402, Ditemukan Serpihan Kapal Selam

Sementara, Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, menyebut KM Karya Indah bertolak dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate menuju Kepulauan Sula, Maluku Utara, dalam kondisi laik berlayar.

"Kapal sebelum meninggalkan Pelabuhan Ternate laik berlayar dan dalam kondisi baik, kapal berangkat pada Jumat (28 Mei 2021) sekitar pukul 16.00 WIT bertolak ke Kepulauan Sula dan mengalami kebakaran," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona seperti dikutip dari Antara.

Kapal dibawah bendera PT Ajul Safikram Lines dinahkodai Mahmudin Lahudi itu berukuran 1148 dengan mesin 2x146 HP, biasanya mengangkut kargo dengan kapasitas sebanyak 300 penumpang.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Temukan Dua Korban Tewas Dalam Tabrakan Kapal di Perairan Indramayu

Dari 181 penumpang itu 22 orang di antaranya merupakan anak-anak, dewasa 155 orang dan lansia empat orang. Kapal itu mengalami kecelakaan di Perairan Lifmatola Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula.

Insiden kebakaran terjadi di Peraian Pulau Mangoli, dikabarkan penyebab kebakaran diduga berasal dari ruang kamar mesin dan api menjalar ke bagian badan kapal, tak pelak semua penumpang panik dan sebagian melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah