Mendes Abdul Halim Apresiasi Kinerja Kades Dalam Pembangunan Berbasis Data, Pemkab Subang Muat 7 Prioritas

- 15 Mei 2021, 11:35 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengapresiasi para Kepala Desa dalam indek pembangunan berbasis data.
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengapresiasi para Kepala Desa dalam indek pembangunan berbasis data. /Doc. Kemendes.go.id/


BERITA SUBANG - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengapresiasi para Kepala Desa dalam penyelesaian masalah pedesaaan berbasis data indeks desa membangun (IDM) yang berpihak kepada masyarakat, seperti kemiskinan dan perekomian.

"Kita akan mudah deteksi masalah yang dihadapi warga karena kita miliki data yang konkret dan detail tentang desa," ucap Mendes PDTT Abdul Halim dalam keteranngannya.

Gus Menteri kerap disapa saat menghadiri Halalbilhalal dengan Para Kepala Desa se-Indonesia secara virtual, pada Jumat 14 Mei 2021 sempat menekankan Desa yang perencanaan pembangunan berbasis dengan SDGs Desa dan pemutakhiran data diyakini benar-benar bertumpu pada masalah yang dihadapi oleh warga desa.

Baca Juga: Pj Sekda Subang Mendorong Berbagai Pihak Dukung Program Binaan Keluarga P2WKSS di Desa Rancadaka, Pusakanagara

"Ketika kita membangun di desa dengan data dan fakta yang ada maka saya yakin dalam waktu yang tidak lama permasalahan yang dihadapi seperti kemiskinan, stunting, pendidikan dan kesejahteraan bisa teratasi," kata Gus Menteri.

Dia juga mengapresiasai para Kepala Desa dalam penggunaan dan pemanfaatan Dana Desa berbasis prioritas dan sukses menyalurkan dana desa sesuai dengan peruntukkannya dan aturan pemanfaatannya. Seperti Bantuan Langsung Tunai, Desa Aman Covid-19, dan Dana Deaa untuk Padat Karya Tunai Desa.

"Jika dilaksanakan maksimal maka saya yakin ekonomi Indonesia akan tumbuh," ujarnya.

Baca Juga: Pj Sekda Subang Mendorong Berbagai Pihak Dukung Program Binaan Keluarga P2WKSS di Desa Rancadaka, Pusakanagara

Untuk diketahui di Kabupaten Subang, Jawa Barat Bupati H. Ruhimat telah memuat tujuh Prioritas Pembangunan Kabupaten Subang untuk tahun 2021, yakni di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, daya saing, pariwisata, lingkungan hidup dan reformasi birokrasi.

Meski demikian, Kemendes PDTT kata Gus Menteri, bakal lakukan sejumlah perbaikan dan solusi jitu agar penyaluran Dana Desa bisa lebih cepat dan tepat. Sembari menunggu terbitnya Peraturan Mendes PDTT tentang BUMDes selesai yang sedang proses registrasi di Kemenkumham.

Baca Juga: Dukung Gubernur Jabar, Bupati Subang Siap Sinergi Wujudkan Petani Milenial Tingkatkan Sektor Pertanian

Karenanya, Gus Menteri ucapakan terima kasih kepada perangkat desa, pendamping desa dan relawan pemutakhiran data desa yang telah berupaya mendata secara detail dan konkret untuk kepentingan desa.

Pada acara halalbilhalal itu Gus Menteri, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah kepada para Kepala Desa dan Perangkatnya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah