Update Ditemukan 5 Kasus Varian Baru Virus Corona B.117 Asal Inggris Masuk Jawa Barat

- 4 Mei 2021, 23:05 WIB
Peta update kasus baru varian virus asal Inggris
Peta update kasus baru varian virus asal Inggris /Doc. Kemenkes/

BERITA SUBANG - Kementerian Kesehatan mencatat Provinsi Jawa Barat salah satu ditemukan varian baru Covid-19 asal Inggris dengan jenis B.117

"Varian B.117 ada di Sumatera Utara 2 kasus, Sumatera Selatan 1 kasus, Banten 1 kasus, Jawa Barat 5 kasus, Jawa Timur 1 kasus, Bali 1 kasus, Kalimantan Timur 1 kasus," kata Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, dalam Keterangannya, Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

Lanjut Nadia selain Jawa Barat, sebaran kasus varian baru lainnya dengan mutasi ganda dari India jenis B.1617. ditemukan ada di Kepulauan Riau 1 kasus, dan DKI Jakarta 1 kasus.

Baca Juga: Waspada! Varian Baru Virus Corona-19 Asal India, Inggris dan Afrika Sudah Masuk Indonesia

"Sementara untuk varian B.1351 asal Afrika Selatan ditemukan ada di Bali 1 kasus," ungkapnya.

Nadia menjelaskan, pada varian baru virus corona jenis B.117 diketahui memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi sekitar 36 persen sampai 75 persen dibandingkan dengan jenis virus yang beredar sebelumnya.

"Varian B.117 saat ini merupakan varian baru ini yang paling banyak dilaporkan oleh orang dari berbagai negara. WHO mencatat berbagai peningkatan kasus sampai 49 persen varian baru B.117 yang bersirkulasi di Asia Tenggara," tuturnya.

Baca Juga: Waspada, Ada Jenis Varian Baru Virus Corona Yang Bermutasi, Berikut Ini Negara Yang Terdampak

Terkait mutasi atau varian baru di Indonesia, lanjut Nadia, masih terus diteliti dan melakukan pengujian pada 786 laboratorium yang juga memeriksa Covid-19.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah