Covid-19 Nantinya Akan Jadi Penyakit Musiman Seperti Flu? Pakar: Solusi Tepat Mengantisipasinya Adalah Vaksin

- 15 Februari 2021, 10:10 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. //Pixabay/Gerd Altman

BERITA SUBANG - Para pakar kesehatan memperingatkan bahwa Covid-19 tidak akan menghilang dari muka bumi, bahkan di masa mendatang Covid-19 bisa menjadi penyakit musiman seperti flu.

Mereka sepakat bahwa Covid-19 diprediksi bakal menjadi penyakit endemik yang akan terus berputar memapar manusia.

Bahkan pada kasus pasien sembuh usai terjangkit Covid-19 pun para pakar kesehatan tidak menjamin kekebalan tubuh yang terbentuk dapat berlaku seumur hidup.

Oleh karena itu solusi tepat upaya peningkatan kekebalan manusia melalui vaksin sangat direkomendasikan dalam mengantisipasi terpaparnya penyakit serius seperti Covid-19.

Baca Juga: Belum Ditemukan, BPBD Masih Mencari 23 Korban Longsor di Nganjuk, Jawa Timur, Diduga Tertimbun

Dinyatakan oleh para pakar kesehatan bahwa pada masa mendatang virus Covid-19 bakal menyerang manusia sejak masa kanak-kanak, seperti halnya semua virus yang menyerang saluran pernapasan.

"Saya pikir akan menjadi (penyakit) musiman. Semua infeksi virus pernapasan akut," ungkap ahli epidemiologi dan ahli biologi evolusi Universitas of Chicago, Sarah Cobey, seperti dikutip ABC News yang dilansir ANTARA, Minggu 14 Februari 2021.

Baca Juga: Doni Monardo Targetkan 17 Agustus 2021 Indonesia Bebas Covid-19

Pendapat yang sama diungkap pakar kesehatan lainnya yang menyebut kemungkinan virus Covid-19 akan selalu bersama manusia meskipun tidak selalu menjadi wabah yang mematikan lagi.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x