Lihat Videonya: Pesawat Ruang Angkasa Uni Emirates Arab berhasil Capai Orbit Mars, Dahului China

- 10 Februari 2021, 13:35 WIB
Masuknya pesawat milik UEA ke orbit Mars juga diliput secara langsung melalui kanalYoutube milik Dubai Bonjour.
Masuknya pesawat milik UEA ke orbit Mars juga diliput secara langsung melalui kanalYoutube milik Dubai Bonjour. /Tangkapan layar kanal Youtube Dubai Bonjour/

BERITA SUBANG – Pesawat ruang angkasa milik Uni Emirates Arab yang diberi nama Hope (harapan) berhasil memasuki orbit Planet Mars setelah menempuh 494 Juta Km pada 9 Februari 2021.

Masuknya pesawat milik UEA ke orbit Mars juga diliput secara langsung melalui kanal Youtube milik Dubai Bonjour.

Kesuksesannya memasuki orbit mars menjadikan UEA negara perserikatan kelima yang berhasil mengirimkan pesawat ruang angkasa ke orbit Mars setelah Amerika Serikat, Uni Soviet, Eropa, dan India.

Kumpulan data pertama mengenai atmosfer dan iklim Mars akan dirilis pada bulan September 2021 dan terbuka untuk komunitas ilmiah global.

Baca Juga: Elon Musk Hendak Taklukan Pasar Mobil Listrik di China, Tapi Telsa Dapat Tekanan dari Regulator

Dalam misi mempelajari atmosfer Planet Merah, yang merupakan misi Mars pertama Uni Emirate Arab, Hope diluncurkan pada Senin 20 Juli 2020 dari pangkalan antariksa Tanegashima, Jepang.

Dilansir dari ABC News, Hessa Al Matroushi, pemimpin misi tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Dikombinasikan dengan sinergi instrumental yang unik, Hope akan mengeksplorasi lapisan atmosfer Mars yang berbeda, mengungkapkan perspektif baru dan global dari perilaku dan koneksi atmosfernya."

Baca Juga: 6 Fakta Iguana Laut yang jarang diketahui

Pengiriman pesawat ruang angkasa ke Mars pada musim panas tahun lalu tak hanya dilakukan UEA. Amerika dan China juga meluncurkan pesawat ruang angkasa dengan tujuan Mars meskipun dalam hari dan target akhir yang berbeda.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: YouTube Sobat Dosen ABC News The Washington Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah