Gempa Bumi 7,1 SR di Sulawesi Utara Tak Berpotensi Tsunami

- 21 Januari 2021, 20:46 WIB
Peta lokasi kejadian gempa bumi di Sulut
Peta lokasi kejadian gempa bumi di Sulut /Foto: Tangkap layar dari laman BMKG/

BERITA SUBANG-Gempa bumi menguncang Sulawesi Utara dengan kekuatan magnitudo 7,1 skala richter, dan tidak mengakibatkan potensi tsunami, dengan waktu sekitar 19.23 Wib pada lintang 4.98 Lintang Utara, 127,38 Bujur Timur di kedalaman 154 Km, pada Kamis, 21Januari 2021.

Dikutip dari laman Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) titik lokasi gempa pada Talaud Islands, Indonesia atau sekitar 134 km Timur Laut Melonguane, 259 km Timur Laut Tahuna, Kepulauan Sangihe, dan 334 km Timur Laut Ondong, Kepulauan Sitaro, 465 km Timur Laut Ternate, Maluku Utara atau 2.598 km Timur Laut Jakarta.

"Gempa ini tidak berpotensi Tsunami," tulis di laman resmi BMKG itu.

Kejadian dan parameter gempa bumi tektonik itu awalnya terjadi di wilayah Laut Filipina. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=7,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,94 LU dan 127,44 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 119 km.

Melihat, jenis dan mekanisme Gempabumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Filipina.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau Thrust Fault.

Dampak Gempabumi, Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Melonguane, Tahuna, Ondong IV MMI. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Di, Manado, Bitung III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah.

"Terasa getaran seakan-akan truk berlalu, Galela , Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat II-III MMI, terasa getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno.

Bolaang Uki II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, Ternate, Sofifi, Halmahera Tengah I-II MMI, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x