Black Box Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan Tim SAR Setelah 4 Hari Pencarian Dasar Laut

- 12 Januari 2021, 17:47 WIB
Tim SAR gabungan Basarnas operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182
Tim SAR gabungan Basarnas operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 /Doc Basarnas/

BERITA SUBANG-Tim penyelam TNI Angkatan Laut di hari ke empat akhirnya berhasil menemukan black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 183 di lokasi titik kordinat sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Serib, Jakarta, Selasa sekitar pukul 16.30 WIB.

Mengutip dari Antara Tim SAR dari pasukan katak TNI AL itu kini membawa black box ke Posko Dermaga JICT II Tanjung Priok. Black box pesawat SJ 182 itu dimasukkan ke dalam boks dan berisi air berwarna kecokelatan, kemudian dibawa menggunakan Sea Rider oleh beberapa penyelam di antaranya Kopaska dan Dislambair.

Kotak hitam itu dibawa oleh Dansatgasla Operasi SAR Sriwijaya Air Laksamana Pertama Yayan Sofyan dan Direktur Operasional Puskopaska Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi.

Sebelumnya, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, KNKT sudah menerjunkan tim menuju ke lokasi dengan menggunakan Kapal Baruna Jaya IV milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi bentuk atau objek di bawah permukaan laut. Kapal ini juga memiliki kemampuan membaca sinyal yang ada dalam dua jenis black box pesawat yaitu cockpit voice recorder (CVR) dan flight data recorder (FDR).

Kotak hitam (black box) adalah sekumpulan perangkat yang digunakan pada transportasi, merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari kotak hitam untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x