Pengamat: Calon Kapolri Harus Penuhi 5 Kriteria Ini, Salah Satunya Punya Chemistry dengan Presiden

- 8 Januari 2021, 17:59 WIB
Pengamat Politik Ujang Komarudin
Pengamat Politik Ujang Komarudin /Dokumen Pribadi/Ujang Komarudin/

 

BERITA SUBANG - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengungkan sosok pengganti Jenderal Idham Azis yang akan dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus memenuhi sejumlah kriteria.

“Sosok tersebut setidaknya memiliki beberapa kriteria, sehingga bisa menjadikan Polri lebih maju dan modern, sehingga benar-benar bisa menjadi harapan rakyat Indonesia,” ungkap Ujang di Jakarta, Jumat, 8 Januari 2021.

Pria asal Subang, Jawa Barat itu pun merinci kriteria sosok calon Kapolri baru tersebut. Pertama, kata dia memenuhi syarat sesuai UU dan peraturan yang berlaku, terutama Jenderal bintang tiga.

Baca Juga: Ini Tiga Cara Mendapatkan Keringanan Biaya Listrik dari PLN, Salah Satunya Lewat WhatsApp

Baca Juga: Usaha Anda Tak Terdaftar di Program BLT UMKM? Segera Daftar Bansos KPM dan PKH, Dapat Rp3,5 Juta

“Kriteria kedua adalah memiliki track record yang bagus, jenjang karirnya jelas dan tidak cacat,” katanya.

Ketiga, lanjut pria yang juga Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) itu, yakni sosok yang memiliki prestasi di bidang penegakkan hukum dan lain-lain.

“Keempat, yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi, sehingga bisa menjamin dan tangkas dalam mengendalikan keamanan dan kenyamanan dalam negeri, sehingga Indonesia akan lebih fokus dan produktif,” papar Ujang.

Halaman:

Editor: Sunardi Panjaitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah