Mahfud MD Mengaku Bertanggung Jawab Atas Kepulangan Rizieq, 'Dia Punya Hak Hukum untuk Pulang'

- 16 Desember 2020, 19:33 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD: 'Alhamdullilah, Belum Ada Kasus Kerumuman Pilkada Menjadi Klaster Baru Covid-19' saat konferensi pers di Yogyakarta, Senin, 14 Desember 2020.
Menko Polhukam Mahfud MD: 'Alhamdullilah, Belum Ada Kasus Kerumuman Pilkada Menjadi Klaster Baru Covid-19' saat konferensi pers di Yogyakarta, Senin, 14 Desember 2020. /ANTARA/Luqman Hakim/ANTARA

BERITA SUBANG - Terjawab sudah misteri komentar pedas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Menko Polhukam Mahfud M.D., yang meminta turut bertanggung jawab terkait kerumunan yang disebabkan atas sambutan kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil tersebut, sempat mengatakan setelah diperiksa di Ditreskrimum Polda Jabar, bahwa ternyata penjemputan Rizieq dimulai atas statement Mahfud tentang bolehnya penjemputan Rizieq Shihab asalkan 'tertib' dan 'damai'.

Mahfud, yang dulu pernah dijagokan sebagai Wakil Presiden mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019, sebelum akhirnya dipilih KH Ma'ruf Amin, menyatakan siap bertanggung jawab atas pernyataannya.

Hal ini disampaikan melalui akun Twitternya @mohmahfudmd, Rabu sore. Akun ini telah terverifikasi dan mempunyai 3,5 juta follower.

Baca Juga: Ridwan Kamil Senggol Pernyataan Mahfud MD, 'Jabatan itu Kehendak Allah Bisa Dicabut Kapan Saja'

"Siap, Kang RK. Sy bertanggungjawab. Sy yg umumkan HRS diizinkan pulang ke Indonesia krn dia punya hak hukum utk pulang. Sy jg yg mengumumkan HRS blh dijemput asal tertib dan tak melanggar protokol kesehatan. Sy jg yg minta HRS diantar sampai ke Petamburan," demikian cuit Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 ini mengatakan bahwa diskresi yang diberikan pemerintah adalah sebatas penjemputan hingga pengantaran pimpinan Front Pembela Islam tersebut dari Bandara Soekarno-Hatta hingga ke Petamburan.

Baca Juga: DPR Nilai Pernyataan Ridwan Kamil Salahkan Mahfud MD Terkait Penjemputan Rizieq Tidak Etis

Ia mengatakan bahwa acara Rizieq di Petamburan adalah di luar diskresi pemerintah.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah