Polisi Tembak 2 Pengikut Rizieq Di Jalan, 4 Lagi Di Door Dalam Mobil, Semua Tewas

- 16 Desember 2020, 01:45 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, usai kegiatan rekonstruksi di KM 50 Tol Japek.
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, usai kegiatan rekonstruksi di KM 50 Tol Japek. /Divhumas Mabes Polri/Document

BERITA SUBANG-Rekontruksi penembakan 6 pengikut Rizieq Shihab pada peristiwa KM 50 Tol Jakarta Cikampek (Japek) yang terjadi pada 7 Desember 2020 lalu, penyidik Polisi memperagakan 53 adegan, dengan membagi 4 titik lokasi kejadian. Pada titik pertama di lokasi jalan Interchange, 2 laskar Front Pembela Islam (FPI) lebih dulu tewas.

Kejadian itu terjadi, sebelum memasuki Tol Japek, dimana petugas Polisi dihadang oleh 2 orang pengikut Rizieq tersebut, karena diduga hendak menyerang petugas. Kejadian berlangaung hingga d titik kedua sebelum memasuki jalan tol, tepatnya di jembatan Badami yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari Gerbang Tol Karawang Barat. Alhasil, petugas pun melumpuhkan ke 2 orang.

"Sejak rekonstruksi di titik pertama petugas sudah mendapat serangan dari kelompok itu," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono, usai kegiatan rekonstruksi di Kilometer 50 jalan Tol Japek, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Argo, 2 orang yang tewas itu diketahui saat petugas berhasil mengejar mobil pelaku dan membekuknya di rest area Kilometer 50 jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Lalu pada titik ketiga di rest area dalam rangkaian rekonstruksi itu, 4 terduga pelaku itu pun tertangkap, dan petugas meminta keempatnya untuk keluar dari dalam mobil, setelah keluar mereka diminta tengkurap dengan wajah menghadap tanah, lalu petugas pun mengeledah mereka.

Kempat pelaku pun dinaikan ke dalam mobil petugas dengan menggunakan Daihatsu Xenia untuk dibawa ke Mapolda Metro Jaya, namun baru berjalan sekitar 1 kilometer selepas rest area, 4 orang itu berusaha menyerang petugas, dengan berusaha mencekik dan merebut senjata milik petugas.

Alhasil, petugas pun terpaksa menembak ke 4 orang itu hingga berujung meregang nyawa.

"Daripada didahului, petugas melakukan tindakan tegas dan terukur," kata Argo. 

Sementara kendaraan yang ditumpangi 4 orang terduga pelaku itu dilakukan penggeledahan, oleh petugas polisi ditemukan 1 buah senjata api beserta 10 amunisi, satu buah ketapel beserta 10 kelereng, satu tongkat berujung runcing, serta beberapa senjata tajam jenis clurit dan pedang.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x