Ridwan Kamil Akan Tawarkan Ciater Agrotourism di West Java Investment Summit 2020

- 15 November 2020, 23:33 WIB
Pemandangan air terjun Curug Ciangin yang berada di kawasan Ciater. Kawasan ini berlokasi di desa Cibeusi, tepatnya Kampung Neglasari, di kecamatan Ciater, kabupaten Subang.
Pemandangan air terjun Curug Ciangin yang berada di kawasan Ciater. Kawasan ini berlokasi di desa Cibeusi, tepatnya Kampung Neglasari, di kecamatan Ciater, kabupaten Subang. /(Foto: Instagram/@explore_ciater_subang)/

BERITA SUBANG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil akan menawarkan proyek Ciater Agrotourism dalam West Java Investment Summit (WJIS) 2020 yang akan berlangsung mulai 16 November sampai 19 November 2020.

Kang Emil, seperti dikutip Antaranews.com Minggu, 15 November 2020, mengatakan ada banyak potensi pengembangan kawasan objek di Ciater, Kabupaten Subang, yang terkenal dengan pemandian air panasnya dan air terjun.

"Jadi saat saya meninjau kawasan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara atau PTPN VII di Ciater, Kabupaten Subang, Ciater, kelebihannya itu memiliki banyak sumber air panas. Ternyata baru ditemukan sumber air panas lainnya (di Ciater)," kata Kang Emil di Ciater, seperti dikutip Antaranews.com Minggu.

Project owner atau pemilik proyek Ciater Agrotourism adalah PTPN VIII. 

Kang Emil menambahkan Subang tak hanya terkenal dengan nanasnya dan pemandian air panas, karena kota ini memiliki pemandangan alam yang cukup mempesona, misalnya ada hamparan kebun teh dan bukit yang indah.

"Khas daerah Jabar itu adalah air terjun. Saya sudah hitung, ada sekitar 400-an air terjun se-Jabar. Di daerah ini (Ciater), ada dua air terjun," katanya, seperti dikutip Antaranews.

Ciater, menurutnya dapat menyajikan konsep sport tourism yang dapat memacu adrenalin, misalnya melalui pengembangan fasilitas leisure seperti flying fox maupun paralayang.

Kang Emil mengatakan pihak Pemda Jabar telah intens berkomunikasi dengan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membahas potensi kerjasama dalam mengembangkan Ciater menjadi kawasan ekowisata.
"
Saya sudah setahun memotivasi Perhutani, PTPN, PT RNI (Rajawali Nusantara Indonesia). Semua aset-aset negara yang punya kekuatan view alam yang indah untuk dikerjasamakan tanpa mengubah fungsi lahan, yaitu melalui ekowisata," kata kang Emil.

Sebagai informasi, WJIS 2020 merupakan forum investasi yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha dan investor untuk berbagai proyek investasi di Jabar.

"Saya mengundang para investor untuk hadir dalam West Java Investment Summit, tanda kebangkitan pemulihan ekonomi Jawa Barat. Ada puluhan program, proyek yang akan dilelang, terdiri dari energi, konstruksi, termasuk pariwisata," ucapnya.

"Disini (WJIS) adalah salah satu dari sekian puluh (peluang investasi) yang akan dilelang, kebetulan saya ingin lihat sendiri potensi-potensinya. Dan saya yakin pasca investment summit di 2021, 2022, ekonomi (Jabar) bisa melompat, gabung dengan Rebana Metropolitan," katanya.

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x