5 Manfaat Sayur Toge Untuk Kesehatan: Ada Vitamin C nya

- 13 November 2021, 15:10 WIB
Ilustrasi toge. /Tangkapan layar/Instagram/@yukinfokesehatan
Ilustrasi toge. /Tangkapan layar/Instagram/@yukinfokesehatan /

 

BERITA SUBANG - Toge atau kecambah adalah sayuran yang berasal dari biji kacang hijau atau kacang kedelai. Walau ukurannya kecil dan harganya murah, toge mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, protein, dan serat.

Berbagai jenis vitamin dan mineral juga terkandung di dalam toge. Beberapa di antaranya adalah vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, kalium, dan fosfor. Tak hanya itu, toge pun mengandung beragam antioksidan, seperti beta karoten, polifenol, dan asam fenolat.

Berikut manfaat toge yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Dapat dikonsumsi Saat Terkena Diare

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan air pada toge dikenal baik untuk melancarkan pencernaan, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Selain itu, toge juga memiliki kandungan prebiotik. Ini artinya, toge bisa dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus. Dengan begitu, kesehatan usus pun tetap terjaga.

2. Mengontrol kadar gula darah

Konsumsi toge juga baik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa toge mengandung antioksidan dan nutrisi yang baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah dan mengatur aktivitas enzim amilase, yaitu enzim yang digunakan tubuh untuk memecah dan mencerna gula.

Selain itu, toge juga mengandung sedikit kalori dan karbohidrat serta memiliki nilai indeks glikemik rendah, sehingga tidak menyebabkan gula darah cepat meningkat di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x