Makanan dan Minuman yang Dapat dikonsumsi Saat Terkena Diare

- 13 November 2021, 07:35 WIB
Ilustrasi roti bakar
Ilustrasi roti bakar /Pixabay/CordMediaStuttgard

BERITA SUBANG - Beberapa jenis makanan sebaiknya Anda konsumsi saat diare. Cara ini dilakukan untuk meredakan gejala tinja encer, mengurangi frekuensi buang air besar, serta mencegah risiko dehidrasi akibat diare.

Saat terkena diare, Anda disarankan untuk mengonsumsi menu makan yang sederhana dan tidak mengandung bumbu, terutama dalam kurun waktu 24 jam pertama sejak mengalami diare.

Beberapa riset menunjukkan bahwa makanan atau minuman yang mengandung probiotik dapat mempercepat penyembuhan diare. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat Anda diare, di antaranya:

Baca Juga: 6 Jenis Makanan dan Minuman yang dihindari Saat Terkena Diare

Pisang, nasi, apel yang dihaluskan dan roti panggang. Pola makanan ini baik untuk penderita diare karena memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi, serta lemak yang rendah sehingga baik untuk meredakan masalah pada saluran cerna.

Selain keempat makanan tersebut dapat juga mengkonsumsi Kentang rebus, roti, ayam panggang tanpa kulit dan lemak, Sereal, oatmeal, gandum dan biskuit.

Menu makanan di atas baik untuk dikonsumsi oleh orang dewasa, namun tidak dianjurkan untuk bayi dan anak-anak karena bisa menyebabkan kekurangan gizi. Anda juga disarankan untuk kembali mengonsumsi pola makan bergizi seimbang setelah gejala diare membaik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Diare Pada Anak yang Dapat dilakukan di Rumah

Diare bisa membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan dan ion atau elektrolit tubuh. Jika tidak segera diatasi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang bisa berakibat fatal.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x